Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Pelesir Sendirian? Ini Tempat Wisata Paling Aman...

Kompas.com - 21/08/2013, 08:47 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

KOMPAS.com – Kebanyakan wanita enggan berpergian sendiri karena takut keselamatannya terancam. Entah karena orang lain ataupun sesuatu hal. Beberapa negara di Asia Pasifik cocok menjadi destinasi wisata Anda jika ingin berpergian sendiri.

RetireInAsia.com membuat survei tentang tempat-tempat yang paling aman dikunjungi oleh wanita yang akan berpergian sendiri di kawasan Asia Pasifik. Survei ini dilihat dari tingkat kejahatan yang terjadi di negara tersebut, tingkat kekerasan, tindak pencurian, sampai tingkat keamanan saat berpergian di malam hari.

Dari hasil survei, negara dengan kondisi teraman untuk wisatawan wanita adalah Singapura. Negara yang memiliki luas sebesar kota Jakarta ini memiliki tingkat kriminal yang sangat rendah. Bahkan 98 persen penduduknya merasa aman keluar rumah pada malam hari.

Selanjutnya New Zealand. Tingkat kejahatan di negara yang berada di Laut Pasifik ini juga sangat rendah. Hanya 18 persen penduduk yang pernah mengalami pencurian. Keamanan pada malam hari dialami 60 persen penduduknya. Soal keamanan, New Zealand menduduki peringkat 18 di dunia.

Hongkong juga termasuk ke dalam negara dengan tingkat kriminal yang paling rendah. Tindakan kekerasan dan pencurian di wilayah dengan 7 juta penduduk itu di bawah 1 persen.

Jepang sebagai negara penyandang peringkat 11 sebagai negara teraman di dunia, otomatis memiliki tingkat kriminal rendah. Sebanyak 75 persen penduduknya merasakan aman ketika berpergian di malam hari dan  hanya 2,7 persen penduduk yang pernah mengalami tindak kekerasan.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pejalan kaki melintas di kawasan Danau Hoan Kiem di Hanoi, Selasa (6/4/2010). Kawasan di sekitar danau ini nyaman bagi para pejalan kaki.
Selain itu, ada juga Vietnam. Negara dengan penduduk terpadat ke-13 di dunia ini memiliki tingkat kriminal yang tergolong rendah. Sebanyak 82 persen penduduknya merasakan aman berpergian pada malam hari, tingkat kekerasan hanya 2,2 persen dan tindak pencurian mencapai 8,3 persen. Vietnam juga menyandang peringkat ke-12 sebagai negara teraman di dunia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com