Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemudahan Visa Dongkrak Pertumbuhan Pariwisata

Kompas.com - 29/08/2013, 19:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan kemudahan visa merupakan instrumen yang penting untuk mendongkrak pertumbuhan sektor pariwisata, pembangunan ekonomi dan sosial, serta penciptaan lapangan kerja.

"Banyak negara yang telah mencapai kemajuan dalam hal kemudahan visa baik di tingkat nasional, subregional, regional, maupun internasional," kata Mari dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Mari mengatakan, Indonesia kini mulai menerapkan fasilitasi kemudahan visa kepada wisatawan mancanegara (wisman) yang akan berkunjung ke Tanah Air.

Menparekraf mencontohkan, di tingkat nasional misalnya, Pemerintah Indonesia terus menambah daftar negara penerima Visa on Arrival untuk masuk ke Indonesia.

"Pemerintah juga mengembangkan sistem sapphire dengan menawarkan pelayanan eksklusif bagi para pengunjung terpercaya (trusted travellers) untuk meningkatkan kenyamanan, dan kecepatan proses perjalanan di bandara, dan juga dalam masa transisi penggunaan paspor biometrik dan proses aplikasi visa secara online," katanya.

Bahkan, menurut Mari, sebagai bukti komitmen Indonesia pada kebijakan fasilitasi kemudahan visa ini, di tingkat ASEAN Indonesia juga sedang bekerja keras dengan anggota ASEAN lainnya untuk menciptakan ASEAN Common Visa atau visa tunggal ASEAN bagi para warga negara di luar ASEAN yang akan melakukan perjalanan ke wilayah Asia Tenggara.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Turis di Gili Trawangan, Lombok, NTB.
Menparekraf memaparkan sebagai Ketua APEC 2013 Indonesia juga mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan High Level Policy Dialogue on Travel Facilitation pada 1-2 Oktober 2013 di Bali, untuk meningkatkan konektivitas di kawasan Asia Pasifik.

Forum tingkat tinggi APEC ini akan membahas empat isu utama, yaitu Fasilitasi Visa, Peningkatan Informasi Penumpang (Advance Passenger Information), Program Perjalanan Terpercaya (Trusted Travel Program), dan Program Bandara yang Ramah Wisatawan (Tourist Friendly Airport).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com