Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghadirkan Pasar di Hotel Berbintang

Kompas.com - 04/09/2013, 09:08 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Berbelanja sayur dan buah-buahan segar di pasar mungkin sudah menjadi hal lumrah. Bagaimana jika sesekali berbelanja di restoran yang ada di hotel bertaraf bintang lima?

Berbelanja ala pasar di restoran bisa ditemui di Feast Restaurant, Sheraton Bali Kuta Resort. Hotel yang berada di kawasan Pantai Kuta, Bali ini menggelar pasar unik berjuluk "Sunday Market Brunch".

Terbilang unik karena tamu tak hanya dapat berbelanja sayur dan buah-buahan. Namun karena berada di dalam restoran, tamu pun dapat sekaligus menyantap makan siang dari menu prasmanan yang ditawarkan restoran.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Stan Sayur dan Buah di Sunday Market Brunch, Sheraton Bali Kuta Resort.
Sunday Market Brunch awal mula diluncurkan pada 25 Agustus 2013. Assistant Manager Public Relations & Partnership Starwood Bali Resorts Collection, Angga Adhitya Syailendra mengatakan kegiatan ala pasar seperti ini akan dilaksanakan setiap pekan pada hari Minggu jam 12.00 sampai jam 15.00.

"Tema Sunday Market Brunch ini kita ambil Sip, Savor and Shop. Tamu bisa belanja per item seperti di pasar," kata Angga.

Stan sayur dan buah berada di salah satu sisi pojok restoran berdampingan dengan menu makanan sajian prasmanan. Pada masing-masing item buah dan sayur, dilabeli harga per kilo. Misalnya saja tomat dengan harga Rp 16.500 atau jeruk sunkist seharga Rp 22.000.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Stan Ragam Sosis di Sunday Market Brunch, Sheraton Bali Kuta Resort.
Jika tamu tertarik membeli, pelayan restoran akan dengan sigap melayani menimbang buah atau sayuran yang dipilih. Benar-benar terasa layaknya di pasar sungguhan.

Tak hanya sayur dan buah, selama digelarnya "pasar", di dekat pintu masuk restoran juga ada stan yang tak ada pada hari-hari biasanya yakni stan keju serta aneka sosis. Sama halnya dengan berbelanja sayur, keju dan sosis pun dijual per satuan.

Penikmat wine, juga patut untuk mampir ke pasar ini. Di salah satu bagian restoran dihadirkan pojok wine. Tamu bisa mencicipi ragam jenis wine dari berbagai negara. Bahkan ada juga wine produk lokal.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Stan Cokelat di Sunday Market Brunch, Sheraton Bali Kuta Resort.
Masih kurang puas? Tenang, masih ada sajian hidangan laut. Hidangan laut seperti ikan baramundi, tiger prawn atau udang besar-besar hingga cumi-cumi laut. Tamu bisa memilih sendiri sajian laut mereka kemudian dipanggang oleh chef.

Hampir sebagian orang suka cokelat dan ragam makanan manis. Salah satu sisi di bagian makanan penutup, ada stan coklat mulai dari coklat pralin, potongan coklat kecil-kecil dengan ragam rasa. Semisal chilli kiss yang memberikan efek agak pedas di lidah, Bali Coffee dengan rasa kopi pekat, hingga strawberry rose.

Bukan cuma cokelat berbentuk batang, coklat lumer pun disajikan sebagai pembalut buah-buahan dan manisan kenyal marshmallow. Kembang gula dan es krim juga tak ketinggalan mengisi stan sajian manis makanan penutup.

Anak-anak ternyata memiliki tempatnya sendiri di pasar ini. Terdapat kursi-kursi kecil dengan piring plastik untuk tempat makan anak-anak. Karpet kecil di samping kursi makan pun sengaja digelar untuk tempat bermain mereka.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Chef mengolah hidangan laut di Sunday Market Brunch, Sheraton Bali Kuta Resort, Kuta Bali.
Feast Restoran sebagai lokasi Sunday Market Brunch memiliki dua tipe ruang, ruang dalam dan luar ruang restoran. Pada ruangan luar restoran, menghadap langsung ke keriuhan jalan menuju Pantai Kuta.

Selain itu, juga disajikan alunan musik dari band secara live. Sedangkan tamu juga bisa mencoba serunya menginjak-injak buah anggur seraya merupakan proses pembuatan wine secara tradisional pada masa lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com