Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Depan Eranya Pariwisata Hijau

Kompas.com - 05/09/2013, 08:56 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan, di masa depan pembangunan pariwisata akan mengarah kepada pariwisata hijau yang lebih peduli kelestarian lingkungan alam.

"Karena tourism ada di berbagai tempat yang terkait dengan alam. Tourism juga terkait lingkungan hidup, ekonomi dan alam," tutur Mari saat konferensi pers International Conference on Sustainable Development 2013 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Salah satu pembangunan wisata hijau, lanjut Mari, adalah dengan membangun green hotel. "Hotel yang dibangun supaya lebih green dan hotel yang belum dibangun agar menjadi green," katanya.

Penerapan green hotel, Mari mengatakan bukan berarti hotel tersebut harus berwarna hijau ataupun dipenuhi dengan tumbuh-tumbuhan yang berwarna hijau. Melainkan, pengelolaan yang diterapkan oleh hotel.

"Misalnya seperti handuk di hotel yang tidak dicuci tiap hari. Saya lihat beberapa hotel sekarang sudah nerapin enggak mencuci handuk setiap hari," katanya.

BARRY KUSUMA Bersepeda di Bromo.
Selain pengelolaan hotel, Mari menambahkan, peran serta dari wisatawan pun menjadi salah satu faktor penting untuk menyukseskan pembangunan mengarah ke pariwisata hijau. "Semoga kita-kita semua ini jadi responsible travelers," tambah Mari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com