Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Penuh Jelang Festival Danau Toba

Kompas.com - 06/09/2013, 19:31 WIB
MEDAN, KOMPAS.com - Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan seluruh hotel dan penginapan di Pulau Samosir, Provinsi Sumatera Utara, penuh menjelang penyelenggaraan Festival Danau Toba pada 8-14 September 2013.

"Terkait penginapan agak khawatir juga karena semua hotel sudah penuh," kata Mangindar yang juga menjadi Ketua Umum Festival Danau Toba 2013 di Medan, Jumat (6/9/2013).

Menurut Mangindar, untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung pada Festival Danau Toba, pihaknya menjalin kerja sama dengan masyarakat sekitar untuk menyewakan rumah atau bangunan lainnya sebagai homestay atau tempat tinggal sementara.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) atau lembaga adat di Samosir untuk menyewakan kantornya sebagai tempat tinggal pengunjung selama penyelenggaraan Festival Danau Toba.

Kemudian, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kodam I Bukit Barisan untuk meminjamkan tenda-tenda yang dipasang di sekitar lokasi penyelenggaraan festival yang akan digunakan untuk menginap atau mengganti baju bagi seniman dan atlet atau peserta lomba yang memeriahkan kegiatan budaya dan pariwisata tersebut.

Tenda-tenda itu akan dilengkapi dengan kamar mandi dan sanitasi lainnya sehingga menjadi layak untuk menjadi tempat tinggal selama selama penyelenggaraan Festival Danau Toba 2013.

"Jadi, seniman dan atlet itu tidak perlu berdesak-desakan di hotel yang telah penuh," kata Mangindar Simbolon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com