Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karnaval Sigale-gale Meriahkan Festival Danau Toba

Kompas.com - 09/09/2013, 21:37 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

SAMOSIR, KOMPAS.com - Hari kedua perayaan Festival Danau Toba 2013 dimeriahkan oleh Karnaval Sigale-gale. Sigale-gale merupakan boneka berbentuk manusia khas masyarakat Batak.

"Sigale-gale merupakan ikon adat Batak. Karnaval Sigale-gale untuk meningkatkan pariwisata," ujar Bupati Samosir Mangindar Simbolon saat sambutan pelepasan Karnaval Sigale-gale di Open Stage Tuk Tuk, Samosir Senin (9/9/2013).

Adapun rute karnaval adalah dimulai dari Open Stage Tuk Tuk menuju Bukit Beta di Simpang Tuk Tuk. Sebelum pelepasan karnaval, di lokasi yang sama diawali dengan tarian Sawan Sembilan.

"Mari kita elu-elukan Karnaval Sigale-gale," ujar Mangindar.

Dia menambahkan, boneka sigale-gale yang diikutsertakan pada karnaval, tak hanya berbentuk boneka asli. Namun juga boneka hasil kreatifitas masyarakat yang turut serta dalam karnaval.

Selain Karnaval Sigale-gale, pada hari kedua festival juga dilaksanakan permainan tradisional Marumpasa, yakni berupa permainan pantun. Selanjutnya ada pula atraksi olahraga paralayang dan paramotor mengelilingi keindahan alam Pulau Samosir dan Danau Toba.

Festival Danau Toba dilaksanakan pada 8-14 September 2013 dengan berpusat di Pulau Samosir. Mulanya, festival ini bernama Pesta Danau Toba.

Festival menampilkan atraksi budaya, pariwisata dan olah raga. Rangkaian kegiatan meliputi karnaval, pameran produk kerajinan masyarakat, lomba menyanyi, permainan tradisional, olahraga seperti paralayang dan perahu dayung, dan konser musik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com