Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Derawan Libatkan Masyarakat

Kompas.com - 12/09/2013, 15:19 WIB
SAMARINDA, KOMPAS.com - Pelaksanaan Festival Derawan 2013 dipastikan melibatkan peran serta masyarakat. Dalam sosialisasi yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim bersama Event Organizer (EO) Pro Duta Promosindo di Pulau Derawan, masyarakat menyambut baik pelaksanaan festival tingkat internasional ini.

"Dengan sosialisasi ini kami harapkan masyarakat dapat mengetahui dan ikut mendukung Festival Derawan.  Apalagi masyarakat sebagai tuan rumah diharapkan tidak saja sebagai penonton tetapi ikut terlibat aktif di dalamnya," kata Hefny Irawan dari Pro Duta Promosindo, di Samarinda, Rabu (11/9/2013).

Menurut Hefny, melalui sosialisasi ini, warga Pulau Derawan mengetahui jika akan ada kegiatan Festival Derawan, apa saja kegiatan yang dilakukan dan peran apa saja yang dapat diambil masyarakat setempat.

"Dari hasil sosialisasi, warga berkeinginan dapat diberdayakan dalam kegiatan Festival Derawan dan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Hefny.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kaltim, Ahmad Erwansyah mengatakan tujuan utama Festival Derawan yang berlangsung 12-20 September 2013, selain untuk mengangkat potensi wisata Kaltim khususnya di Kabupaten Berau, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai keikutsertaan langsung.

"Mayoritas masyarakat Pulau Derawan memiliki usaha yang bisa menopang perekonomian, terutama saat Festival Derawan berlangsung yaitu bisnis penyewaan rumah, restoran hingga perahu-perahu yang bisa disewakan ke wisatawan," kata Erwansyah.

Masyarakat juga akan dilibatkan dalam kegiatan festival pertunjukan, misalnya lomba memancing tradisional serta panggung hiburan masyarakat yang digelar di Pulau Derawan.

"Kita ingin Festival Derawan menjadi milik masyarakat Kabupaten Berau, khususnya masyarakat Pulau Derawan selaku tuan rumah. Kita menginginkan ada pemberdayaan masyarakat, sehingga perekonomian rakyat otomatis ikut meningkat," kata Erwansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com