Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komodo, Daya Tarik Wisatawan ke NTT

Kompas.com - 14/09/2013, 15:23 WIB
LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bangga terhadap Komodo (Varanus komodoensis) sebagai bagian dari daya tarik wisatawan mancanegara ke Nusa Tenggara Timur (NTT). "Komodo itu satu-satunya binatang purba yang masih hidup dan hanya ada di Pulau Komodo, NTT," kata Presiden pada puncak Sail Komodo 2013 di Pantai Pede, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Sabtu (14/9/2013).

Presiden mengatakan, penetapan Komodo sebagai salah satu kajaiban dunia pada 2012 silam, telah memberikan berkah tersendiri bagi daerah ini.

Selain itu, Pulau Komodo yang sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan alam dunia oleh UNESCO telah menjadi peluang besar untuk pengembangan pariwisata di daerah ini. "Dengan ini pariwisata bisa dikembangkan. Komodo punya daya tarik besar bagi dunia," kata Presiden.

Presiden berharap, pelaksanaan Sail Komodo dapat menjadi model pengembangan pembangunan di daerah maritim, seperti NTT yang berkepulauan ini.

Pemerintah, menurut Presiden Yudhoyono menetapkan NTT sebagai salah satu kawasan pengembangan pembangunan di Indonesia tengah dengan memperkuat sejumlah simpul pembangunan di antaranya, simpul pertanian, peternakan, perikanan dan simpul pariwisata sendiri.

Pemerintah daerah di NTT diharapkan bisa menjalin kerja sama yang sinergis dengan tetap berpedoman kepada arah dan kebijakan pembangunan serta Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). "Jagalah kebersihan laut dan pantai, agar tetap bersih dan asri, sehingga tetap menjadi daya tarik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com