Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MICE Pasar Potensial Pariwisata Yogyakarta

Kompas.com - 16/09/2013, 13:39 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wisata MICE (meeting, incentive, conference dan exhibition) saat ini masih merupakan pasar potensial pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Apalagi, saat ini makin banyak kegiatan wisata MICE yang digelar di Yogyakarta, sehingga diharapkan di masa mendatang daerah ini menjadi tujuan  wisata MICE," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Tazbir Abdullah di Yogyakarta, Senin (16/9/2013.

Tazbir memaparkan, wisata MICE di Yogyakarta didukung dengan fasilitas yang memadai berstandar nasional dan internasional, sehingga  tidak perlu  ragu untuk menyelenggarakan kegiatan MICE di daerah ini.

"Jumlah hotel berstandar nasional dan internasionl cukup banyak, bahkan sampai saat ini sejumlah hotel kelas bintang dan non bintang sedang dibangun di Yogyakarta," kata Tazbir.

Dengan bertambahnya jumlah hotel baik kelas bintang maupun nonbintang di daerah ini, bagi  pengelola  MICE dapat  memperoleh banyak pilihan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Selain itu, lanjut Tazbir, tempat untuk mengadakan pameran juga tersedia banyak tidak hanya hotel kelas bintang tetapi juga  tempat pertemuan lain misalnya, Jogja Ekspo Center (JEC) yang dinilai sangat layak untuk mengadakan sebuah pameran, baik berskala nasional maupun internasional.

"Dengan demikian, ada sinergi yang kuat antara perdagangan, investasi maupun  pariwisata dalam penyelenggaraan MICE di Yogyakarta, sehingga daerah ini selalu banyak diminati untuk tujuan wisata MICE," katanya.

Keuntungan mengadakan MICE di Yogyakarta salah satunya adalah biaya produksi yang murah dibanding mengadakan acara serupa di beberapa kota di Indonesia.

"Bagi penyelenggara dari luar kota mengadakan pameran di Yogyakarta juga memiliki banyak pilihan karena akomodasi, transportasi serta wisata pendukung seperti pusat belanja, kuliner juga tersedia," katanya.

Menurut Tazbir, DIY sampai kini masih menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara. Hal ini terlihat dari tren peningkatan kunjungan wisatawan selama 2012 dibandingkan selama 2011.

Total jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) selama 2012 mencapai 197.751 orang dan selama 2011 wisman berjumlah 169.565 orang. Sementara jumlah wisatawan nusantara mencapai 2.360.173 orang, sedangkan 2011 berjumlah 1.607.694 orang.

"Kondisi sosial DIY yang relatif aman, nyaman dan dukungan  transportasi serta akomodasi yang memadai menjadikan DIY masih menjadi destinasi menarik bagi para wisatawan. Kami mengharapkan jumlah wisatawan pada 2013 akan meningkat," tambah Tazbir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com