Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Keindahan Pantai Pribadi Basuki di Belitung Timur

Kompas.com - 17/09/2013, 11:54 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

BELITUNG TIMUR, KOMPAS.com — Kepulauan Bangka Belitung memiliki kekayaan dan keindahan alam yang beragam. Salah satu keindahan alam Belitung yang menjadi kebanggaan dan aset pariwisata adalah pantainya.

Siapa sangka, mantan Bupati Belitung Timur yang juga Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki pantai pribadi di Belitung Timur, namanya Pantai Bukit Batu. Para awak media berkesempatan untuk menikmati keindahan pantai pribadi milik Basuki.

Pada Minggu (15/9/2013), sebelum makan siang, Basuki mengajak awak media untuk berkunjung ke pantainya. "Nanti, kita ke pantai saya ya, di Bukit Batu," kata Basuki.

Pantai ini terletak di balik bukit. Untuk menuju pantai tersebut, kita harus melewati jalan berkelok tajam, melalui beberapa tanjakan dan turunan. Selama melewati itu, warga dimanjakan dengan pemandangan indah hutan yang hijau dan lebat. Setiba di lokasi, terdengar desiran ombak yang menyejukkan.

Turun menggunakan tangga yang terbuat dari batu alam, pengunjung dimanjakan dengan jernihnya air laut dengan kerang-kerang kecil yang bersembunyi di balik pasir putih.

Pria yang akrab disapa Ahok itu menjelaskan bahwa dari bulan Januari hingga Februari, pantai pribadinya layaknya sebuah danau karena air menjadi tenang tak beriak dan gulungan ombak pun tak ada. "Kalau bulan purnama, banyak penyu yang keluar sampai ke darat," kata Basuki tersenyum.

Sepanjang pantai terhampar batu-batu ukuran besar. Batu ini berwarna coklat muda kekuningan. Pantai Bukit Batu sangat cocok dinikmati untuk mereka yang ingin refreshing dari kepenatan sehari-hari.

Di tengah pantai, pasir semakin padat dan keras. Desiran ombak yang menyentuh tubuh sontak membuat pikiran tenang, ditambah dengan suasana sepi dan tenang. Keindahannya semakin lengkap karena banyak pohon rindang mengelilingi.

Sepanjang mata memandang, tak satu pun terlihat sampah berserakan di bibir pantai. Penjual pakaian, suvenir, dan makanan juga tidak terlihat di sana. Fasilitas sanitasi pun dibuat cukup nyaman. Banyak kamar mandi untuk berbilas tersedia di area itu.

Di atas bukit terdapat dua rumah panggung dengan panorama laut lepas. Sayangnya, belum ada kendaraan umum yang melintasi kawasan tersebut untuk mengakomodasi Anda yang ingin ke sana menikmati Pantai Bukit Batu.

Basuki menjelaskan, baik warga maupun wisatawan yang ingin berkunjung ke pantainya harus memesan jasa tur atau tour agency.

Basuki miliki empat pulau

Selain memiliki pantai pribadi di Bukit Batu, Basuki ternyata memiliki empat pulau pribadi di Kepulauan Bangka Belitung. Untuk diketahui, Kepulauan Bangka Belitung memiliki ratusan pulau. Setidaknya tercatat ada sebanyak 168 pulau kecil di daerah yang terkenal dengan tambang timah tersebut.

Pulau yang dimiliki Basuki ini merupakan warisan almarhum ayahnya, Indra Tjahaja Purnama (Kon Nam), sebanyak 3-4 pulau, atas nama ibunya. Pulau-pulau tersebut ditanami dengan pohon kelapa. Awalnya, pohon kelapa itu akan digunakan untuk produksi santan kemasan. Namun, karena tidak ada yang mengakomodasi usaha tersebut, akhirnya pohon-pohon kelapa di pulau-pulau itu dibiarkan tumbuh lebat.

Menurut Basuki, pulau-pulau di Belitung banyak dimiliki secara perorangan. Kepemilikannya pun tidak memerlukan izin khusus. "Izin kepemilikannya enggak ada. Ya kayak kepemilikan kebun saja," kata kakak Bupati Belitung Timur, Basuri Tjahaja Purnama, tersebut.

Karena Basuki telah menjadi pejabat negara, harta kekayaannya telah dilaporkan semua kepada lembaga terkait. "Sudah kami laporkan ketika pemeriksaan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara). Tapi, kalau pulau itu atas nama ibu saya lho," tambah Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com