Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danau Toba Destinasi Paling Populer di Sumatera

Kompas.com - 18/09/2013, 17:20 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Siapa yang tak kenal Danau Toba? Danau yang menjadi ikon Sumatera Utara ini menyimpan keindahan khas tanah Batak. Belum lagi Pulau Samosir yang ada di tengah danau memiliki kecantikan sendiri yang siap dijamah.

Kecantikan alam Toba-Samosir akan diulas Kompas TV pada episode ketiga "100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI)". Program semidokumenter yang dipandu oleh Ramon Y Tungka tersebut akan tayang pada Rabu (18/9/2013) pukul 20.00.

Salah satu tim 100 HKI, Anggun Wicaksono, mengisahkan, Danau Toba merupakan salah satu tempat favorit tim saat berada di Sumatera.

"Ini adalah tempat paling favorit tim 100 HKI yang ada di Sumatera. Tempat ini menjadi tempat yang orang paling tahu di Sumatera. Sebenarnya populer, tapi orang jarang yang ke sana," cerita Anggun kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu (18/9/2013).

Anggun menuturkan, saat tim mengelilingi Danau Toba dan Pulau Samosir, mereka menemukan banyak hal. "Di sana kita sempat ke Desa Nainggolan. Lalu juga sempat terjebak di air terjun karena waktu itu cuacanya lagi jelek, hujan deras. Juga sempat nongkrong sama opung-opung di warung," papar Anggun.

Anggun menegaskan bahwa Danau Toba merupakan tempat paling populer di tanah Sumatera, tetapi sayang, jarang orang yang bertandang ke sana.

Tim 100 HKI Kompas TV melakukan perjalanan mengelilingi bumi Nusantara mulai dari Jakarta lalu menyeberang ke Sumatera, berlanjut menjelajahi Kalimantan dan Sulawesi. Setelah itu, mereka pun menempuh perjalanan ke sisi timur negeri, yakni Maluku dan Papua.

Kelar menyambangi wilayah timur, tim bergerak ke Nusa Tenggara, Bali, dan menyeberang ke Pulau Jawa. Pulau Jawa juga tak luput dijelajahi oleh tim hingga akhirnya kembali ke titik utama di Jakarta pada Rabu (3/7/2013).

Kisah perjalanan tim dalam menjelajahi Indonesia telah ditayangkan di rubrik Travel Kompas.com. Sedangkan penayangan perdana di Kompas TV mulai Rabu (4/9/2013) pukul 20.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com