Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Terima Airbus A320 Dilengkapi Sharklets

Kompas.com - 19/09/2013, 14:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Citilink, maskapai penerbangan nasional berbiaya murah (LCC), kedatangan armada terbarunya, Airbus A320 yang ke-23 pada Kamis (19/9/2013). Pesawat terbaru ini merupakan kehadiran A320 yang menggunakan “Sharklets” pertama untuk Citilink.

Chief Executive Officer (CEO) PT Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan kehadiran pesawat terbaru ini semakin mempertegas komitmen Citilink untuk memenuhi permintaan masyarakat Indonesia, yaitu penambahan frekuensi dan rute penerbangan di Tanah Air.

“Beroperasinya Airbus A320 terbaru ini akan memperkuat armada kami dalam meningkatkan pelayanannya  kepada masyarakat, khususnya menjelang liburan Natal dan akhir tahun. Kami yakin Citilinkers akan memiliki pengalaman terbang yang aman, nyaman, dan menyenangkan bersama Citilink,” ujar  Arif.

Kehadiran Airbus A320 terbaru ini sebagai bentuk peremajaan dari pesawat Boeing 737. Saat ini Citilink mengoperasikan 22 pesawat Airbus A320. Pesawat ini mampu mengangkut 180 penumpang serta memiliki Electronic Centralised Aircraft Monitor (ECAM) atau Monitor Pesawat Elektronik Terpusat yang memberikan informasi kepada awak pesawat mengenai semua sistem di dalam pesawat.

Selain memberikan informasi, ECAM berfungsi utuk menyediakan peringatan otomatis terhadap kerusakan sistem, memperlihatkan daftar kerusakan pada sistem serta menginformasikan langkah-langkah untuk mengatasi kerusakan tersebut secara digital. Sementara ujung pesawat yang dinamakan “Sharklets” merupakan penyempurnaan yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Hingga saat ini, menurut Arif, Citilink mengoperasikan 22 armada Airbus A320 terbaru untuk melayani 21 rute domestik di 19 kota tujuan ke berbagai kota di wilayah Indonesia setiap harinya. "Citilink secara bertahap akan menambah pesawat Airbus A320 baru setiap tahunnya, sehingga pada akhir 2015, Citilink akan mengoperasikan 50 pesawat," tambah Arif. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com