Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekalian Liburan Ajak Anak ke Festival Sains Ancol

Kompas.com - 20/09/2013, 16:34 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda sudah memiliki rencana untuk menghabiskan akhir pekan? Jangan bingung, ajak saja buah hati Anda ke festival sains di Ancol Taman Impian bekerja sama dengan Kalbe Farma.

Kalbe Junior Science Fair (KJSF) 2013 diselenggarakan di Ecovention Ancol pada 20-22 September 2013. Festival sains bernuansa maritim dan kelautan ini, menampilkan 114 stan pameran termasuk para pemenang Kalbe Junior Scientist Award (KJSA).

Salah satu pemenangnya yakni Radinka Alkira Mufti dari Bandung menampilkan karya bernama FlipFlop. Flipflop berbentuk seperti tabung yang di dalamnya terdapat magnet dan gulungan kabel serta disambungkan dengan lampu. Jika tabung digerakkan, maka lampu yang tersambung ke kabel akan otomatis menyala.

"FlipFlop ini terbuat dari magnet dan kabel di dalamnya. Kalau kita gerakin pelan saja lampunya bisa nyala. Biasanya untuk kalau orang lari pagi, kan subuh masih gelap jadi lampunya menyala kalau kita lari. Memberi penerangan," ujar Radinka, siswa kelas 6 SD Sekolah Kuntum Cemerlang Bandung di Ancol, Jumat (20/9/2013).

Selain hasil karya anak-anak pemenang KJSA, pameran pun menampilkan stan-stan bertema kelautan. Sebut saja arena selam, labirin bawah laut, pancing ikan, serta melempar umpan.

"KJSF 2013 ini merupakan festival sains yang berisi berbagai macam apresiasi, permainan, atraksi dan edukasi sains bagi anak Indonesia," ujar Ketua Umum Kalbe Junior Science Fair, Widjanarko Lokadjaja.

Sementara Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Winarto mengatakan, dengan adanya KJSF ini menjadi pilihan bermain dan belajar bagi pengunjung Ancol terutama anak-anak.

"Kami mendukung KJSF karena menjadi alternatif pilihan bermain dan belajar yang berbeda, unik, dan bermakna. Serta berharap bermanfaat untuk anak-anak Indonesia," kata Winarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com