Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Derawan Diusulkan Jadi Destinasi Wisata Nasional

Kompas.com - 21/09/2013, 10:22 WIB
TANJUNG REDEB, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Farid Wajdy mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menjadikan kawasan Pulau Derawan sebagai destinasi wisata bahari nasional.

"Provinsi Kaltim banyak terdapat tempat wisata dan khususnya kawasan Derawan akan kami usulkan kepada Kementeriaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar menjadi bagian dari industri pariwisata nasional," kata Farid pada acara puncak Festival Derawan di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Jumat (20/9/2013).

Menurut Farid, Festival Derawan 2013 yang pertama kali digelar ini menjadi bukti bahwa Pulau Derawan telah mampu melaksanakan kegiatan berskala nasional maupun internasional.

Wagub Kaltim berharap, Festival Derawan akan bisa dilaksanakan secara berkala setiap tahun, dan menjadi ajang lebih besar menjadi Sail Derawan. "Kami sudah mengusulkan Sail Derawan ke Menko Kesra, semoga segera dapat persetujuan," katanya.

Sementara itu, Bupati Berau Makmur mengatakan Festival Derawan ini telah berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sampai sekarang, menurut Makmur, Pulau Derawan telah dikunjungi 307.000 wisatawan. "Sebanyak 28 persen diantaranya adalah wisatawan mancanegara," katanya.

Makmur berharap adanya dukungan perbaikan infrastruktur dari pemerintah pusat, agar wisata Derawan lebih berkembang.

Acara puncak Festival Derawan 2013 dimeriahkan dengan atraksi terjun payung dari ketinggian 6.000 kaki yang dilakukan oleh 12 penerjun dari Paskhas TNI AU dan FASI dipimpin oleh Letnan Satu Paskhas TNI Condro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com