Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2013, 07:46 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

BANGKA BELITUNG, KOMPAS.com - Apabila anda mengunjungi Pulau Laskar Pelangi atau Pulau Bangka Belitung, jangan lupa menyantap kuliner khasnya, yaitu mi belitung. Siapa sangka mi belitung ini juga menjadi santapan favorit mantan Bupati Belitung Timur yang kini menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Kompas.com pun turut berkesempatan merasakan kelezatan mi belitung di sisi pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Laskar Pelangi, Sabtu (14/9/2013) lalu.

Apa itu mi belitung? Mi belitung merupakan makanan sejenis mi kuning siram kuah kental kecokelatan. Rasanya manis bercampur gurih. Namun lebih dominan rasa manisnya. Udang menjadi bahan utama di dalam racikan kuah kentalnya. Kuah kental berasal dari kaldu udang asli ditambahi bumbu-bumbu, seperti gula aren, bumbu merica, laos, maizena dan daun salam.

Terpisah dengan kuah kentalnya, yang menjadi pelengkap kenikmatan mi belitung adalah emping, kol, cakwe goreng, irisan kentang rebus, tahu, dengan tauge terselip di dalam mie kuning.

Lezatnya mi belitung semakin terasa begitu kita menyantapnya di pinggir pantai Laskar Pelangi. Suasananya yang damai dan pantainya yang biru dan tidak ada sampah menambah kenikmatan kita saat menyantap mi belitung. Angin di Pantai Tanjung Tinggi yang semilir dan sepoi-sepoi turut mendukung kenikmatan rasa udang dan manis yang beradu di dalam mulut.

Kemudian bagaimana cara menyajikan mi belitung? Mudah saja, kita hanya tinggal menuangkan kuah kental di atas mi yang telah ditaburi dengan berbagai pelengkap, seperti taburan tauge, irisan timun, cakwe, kentang rebus, dan emping.

Sekitar tiga ekor udang berukuran besar juga disajikan di atas siraman kuahnya. Apabila umumnya makanan dibungkus oleh daun pisang, mi belitung dibungkus oleh daun simpor, atau sejenis daun jati yang budidayanya hanya dapat ditemui di Belitung.

Basuki menuturkan, penggunaan daun simpor sebagai bungkus mi belitung akan merangsang aroma dan nafsu makan. Putra daerah Belitung Timur itu bahkan menyebut rasa mi ini mirip mi di Malaysia, dan mirip dengan ifumi. "Tapi, menurut saya mi belitung jauh lebih enak daripada mi mana pun," ujar Basuki.

Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Masakan khas Pulau Bangka Belitung, mie Belitung.
Cita rasa mi belitung pula yang membuat Basuki kerap rindu dengan kampung halamannya. Sebagai pelengkap saat menyantap mi belitung, Basuki sebagai tuan rumah, menyediakan kelapa muda yang disajikan masih di dalam buahnya.

Selain mengajak awak media dan Humas Pemprov DKI untuk menikmati masakan tradisional khas Bangka Belitung tersebut, Basuki juga mengajak wisatawan asal Yogyakarta yang terdiri dari satu keluarga, yang kebetulan sedang berlibur di Pantai Tanjung Tinggi.

Dengan ramahnya, Basuki melayani wisatawan Yogyakarta dan mempromosikan masakan tradisional daerahnya itu. Pulau Belitung terkenal dengan makanan hasil lautnya. Selain mi belitung, wisata kuliner lain di Pulau Belitung adalah gulai kepala ikan, rajungan masak, kepiting masak, cumi, ikan bakar, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com