Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Kemaro Disiapkan Jadi Desa Wisata

Kompas.com - 24/09/2013, 16:37 WIB
PALEMBANG, KOMPAS.com - Kawasan Pulau Kemaro akan disiapkan menjadi obyek wisata andalan yang memadukan fasilitas pendukung modern, seperti ski air dan kegiatan warga desa.

"Sebanyak 130 kepala keluarga di Pulau Kemaro yang selama ini hanya terkenal dengan kelenteng dan pagoda akan dioptimalkan untuk mendorong terciptanya kawasan wisata yang unik," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Palembang, Yanuarpan, Selasa (24/9/2013).

Menurut Yanuarpan, pihaknya telah melakukan sosialisasi rutin kepada warga yang berada di Pulau Kemaro atau hanya berjarak puluhan meter dari tempat ibadat umat tridharma itu sadar wisata.

Masyarakat sadar wisata menjadi target untuk mengembangkan desa tersebut agar menarik wisatawan berkunjung.

Yanuarpan mengatakan, sejauh ini sesuai arahan Wali Kota Palembang, Romi Herton wisata di kawasan tersebut nantinya akan menawarkan kehidupan asli warga. Mayoritas penduduk di pulau yang panjang wilayahnya mencapai 1.263 meter persegi itu bekerja sebagai petani, nelayan dan penyelam.

Dia menjelaskan, di wilayah yang berada di tengah Sungai Musi itu juga dilengkapi dengan Posyandu dan Sekolah Dasar Negeri. Dengan demikian, aktivitas warga dalam menunjang kesehatan dan pendidikan juga terpenuhi.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat program desa wisata di kawasan itu bisa terealisasi sehingga bertambah satu lagi obyek wisata unik di Kota Palembang untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah yang dibelah Sungai Musi tersebut," tambah Yanuarpan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com