Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Keunikan Hotel Kosenda

Kompas.com - 30/09/2013, 14:10 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

KOMPAS.com – Hotel megah dengan arsitektur yang modern dan mewah sangat mudah Anda temui di Jakarta. Tapi bagaimana dengan hotel dengan desain yang unik dan memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi? Mampirlah di Hotel Kosenda.

Berdiri di tanah seluas 600 meter persegi tidak membuat Ruben Kosenda, pemilik Hotel Kosenda, kehilangan akal untuk membuat hotel impiannya. Terletak di Jalan KH Wahid Hasyim, Hotel Kosenda mengklaim sebagai Indonesia’s First Design Hotel.

Konsep desain seni, dan budaya memang menonjol dari hotel ini. Perpaduan antara desain megah arsitektural abad ke-21 dengan estetika keindahan arsitektur tahun 1950-an membuat hotel ini menawarkan nuansa yang seru dan menyenangkan. Budaya betawi amat kental, dilihat dari bentuk-bentuk wajik (diamond) yang menghiasi setiap sudut, seperti pagar hotel, interior, bingkai foto, sampai sarung bantal di restoran, yang dipercaya sebagai penolak bala.

Hotel Kosenda memiliki 8 lantai dengan 60 kamar yang terbagi menjadi tiga jenis, yaitu petita, comforta, dan spatia. Di bagian rooftop hotel tersedia lounge dengan pemandangan kota Jakarta, sedangkan di lantai dasar ada café dan restoran yang dikepalai pakar kuliner asal Sydney dan Melbourne, Stewart  Gan, yang memadukan unsur makanan daerah dan internasional. Selain itu ada juga gym dan shower di lantai bawah untuk tamu yang tidak menginap.

DOK HOTEL KOSENDA Kamar di Hotel Kosenda, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.
Hotel ini lebih menyasar kalangan business traveler. Berbagai penunjang kegiatan bisnis pihak hotel menyediakan power outlet yang tersebar di setiap sudut dan juga WiFi dengan kecepatan tinggi.

“Hotel ini jadi alternatif untuk orang-orang yang mau sesuatu yang beda, dari sisi desain, dari sisi servis, dari sisi kualitas produk,” tutur Ruben.

Ada sembilan unsur yang menjadi fokus Hotel Kosenda antara lain, architecture, cuisine, character, sustainability, comfort, Indonesian hospitality, culture, and experience.  “Local culture, international standard, itu yang ingin kita kembangkan,” ujar Ruben.

Hotel Kosenda membuka harga 88 dollar AS untuk jenis kamar petita, 95 dollar AS untuk comforta, dan Rp 1,8 juta untuk Spatia, sudah termasuk breakfast.

DOK HOTEL KOSENDA Lounge Hotel Kosenda, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com