Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Menjadi Destinasi Wisata Olahraga Dunia

Kompas.com - 30/09/2013, 15:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kota Jakarta dijadikan sebagai destinasi wisata olahraga dunia melalui penyelenggaraan maraton internasional JakMar 2013 bertajuk "Festival City Marathon" di Monas pada 27 Oktober 2013.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar di Jakarta, Senin (30/9/2013), mengatakan bahwa Kemenparekraf dan Pemerintah Provinsi DKI bekerja sama dengan promotor Inspiro siap menggelar Mandiri Jakarta Marathon (JakMar) 2013.

"Terselenggaranya event maraton internasional JakMar 2013 yang bertajuk Festival City Marathon ini akan menempatkan Jakarta sebagai destinasi sport tourism dunia," kata Sapta dalam jumpa pers yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Menpora Roy Suryo, dan Menparekraf Mari Elka Pangestu.

Sapta yang juga merupakan inisiator Jakarta Marathon itu menambahkan, sejak pendaftaran JakMar 2013 dibuka secara resmi di Sport & Running Expo Paris Marathon, Perancis, pada 4 April 2013 lalu, tercatat sudah ada 750 pendaftar dari 38 negara. Mereka antara lain adalah para pelari elite dunia, seperti dari Inggris, Kenya, Etiopia, Jepang, Australia, dan Perancis.

Mereka bakal ikut berlomba di acara bergengsi Mandiri Jakarta Marathon 2013 yang berhadiah total senilai Rp 2,5 miliar. "Jakarta Marathon 2013 menjadi perhatian para pelari dunia. Hingga saat ini sudah ada 5.500 pelari yang mendaftar," kata Sapta.

Menparekraf Mari Pangestu menambahkan, Jakarta Marathon merupakan bagian dari program 7 Wisata Minat Khusus, yaitu wisata olahraga dan rekreasi yang saat ini sedang digiatkan oleh Kemenparekraf.

Perkembangan acara olahraga yang dikombinasikan dengan wisata atau sport tourism berkembang pesat dibeberapa daerah seperti Tour de Singkarak, Tour de Bintan, Bintan Triathlon, dan Bali Marathon.

"Sport tourism cukup efektif untuk turut mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara di mana sampai dengan bulan Juli 2013 terjadi peningkatan sebesar 6,44 persen atau sebesar 4.872.262 kunjungan wisatawan dari tahun lalu pada periode yang sama," katanya.

Rute Jakarta Marathon 2013 sepanjang 42,195 km dirancang sedemikian rupa sehingga para peserta lomba akan dibawa berwisata menikmati keindahan Jakarta dengan menyusuri sudut-sudut keanggunan situs peninggalan sejarah, bangunan dan museum bersejarah, serta deretan kemegahan bangunan Jakarta masa kini.

Rute dimulai dari titik start di Silang Monas Barat Daya-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Jalan Gajah Mada-Jalan Pintu Besar Selatan-Jalan Kawasan Kota Tua-Jalan Hayam Wuruk-Jalan Juanda-melewati Gedung Kesenian Jakarta-PT Pos Indonesia-Gereja Katedral-Masjid Istiqlal-Jalan Veteran.

Kemudian Jalan Majapahit-Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan MH Thamrin- Bundaran HI-Jalan Imam Bonjol-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto-Jalan Asia Afrika-Jalan Hang Tuah-Jalan Sisingamangaraja-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, dan finis di Silang Monas Barat Daya.

Lima nomor lari dilombakan dalam ajang Mandiri Jakarta Marathon 2013, yakni Full Marathon 42,195 km, Half Marathon 21 km, 10K (10 km), 5K (5 km), dan Marathoonz (Childrens Sprint) 1,3 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com