Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Kantor, Yuk Berenang di Tanjung Bira...

Kompas.com - 04/10/2013, 17:17 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Pantai pasir putih nan halus ibarat menjejak tepung dan birunya air laut sejauh mata memandang menjadi oase kesegaran yang diberikan pantai Tanjung Bira.

Ya, pantai memang memberikan ketenangan sendiri. Bayangkan saja sedang berlarian, pun hanya sekadar berjalan-jalan di pantai namun tak terdengar bunyi langkah kaki saking halusnya pasir pantai.

Maka tak heran, banyak orang mulai memasang ancang-ancang memasukkan tempat ini ke dalam daftar destinasi yang harus dituju saat musim liburan tiba.

Pantai Tanjung Bira berada di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Namanya kian tersohor bak "mutiara biru" di ujung Sulawesi. Tak perlu pikir panjang jika tertarik berwisata ke Bulukumba. Bagaimana jika siapkan waktu akhir pekan untuk nekat melancong? Pulang kantor, langsung saja bertandang ke tempat yang juga dikenal dengan Bumi Phinisi ini.

Dari kantor langsung arahkan perjalanan ke bandara dan pilih penerbangan menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar. Sebagai "pintu gerbang" udara di kawasan timur, telah banyak maskapai yang memiliki rute ke sini dari berbagai kota.

Bawa barang bawaan seperlunya. Cukup bawa tas punggung berisi baju ganti, obat-obatan, perlengkapan mandi, pakaian renang, krim anti matahari dan sandal jepit.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Kuda menjadi hewan yang banyak dipelihara masyarakat di Desa Adat Ammatoa, Desa Tana Towa Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Sebelumnya, pastikan Anda telah memesan tempat menginap. Di Bulukumba, penginapan mudah menemukan penginapan di pusat kota pun dekat dengan tempat wisata seperti pantai. Penginapan masih didominasi oleh wisma, cottage, maupun guest house.

JUMAT

Pilih penerbangan siang hari menuju Makassar, agar sampai di sana sore hari. Hal ini berarti Anda harus mengambil cuti pada hari Jumat.

Dari Makassar, Bulukumba ditempuh sekitar empat jam melalui jalur darat. Langsung arahkan saja perjalanan menuju penginapan yang telah dipesan karena hari menjelang malam.

Untuk transportasi, Anda bisa menggunakan taksi. Jika ingin lebih praktis bisa juga menyewa mobil dari penyedia jasa pariwisata (travel agent).

SABTU

Saatnya nyebur di tengah laut. Siapkan baju renang dan krim anti matahari. Langsung saja mengarahkan perjalanan ke Tanjung Bira. Banyak pilihan tersedia. Ingin sekadar bersenang-senang atau berenang di pantai atau olahraga air.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Di bibir pantai, banyak penduduk menawarkan untuk menyewa kapal. Mereka menawarkan jasa menyeberang pulau, juga penyewaan peralatan snorkeling. Biasanya penyewa perahu sudah tahu akan membawa tamunya ke tempat mana saja serta spot bagus untuk snorkeling.

Pilihan pertama pastilah jatuh ke Pulau Liukang Loe yang ada persis di seberang pantai Tanjung Bira. Hamparan pulau memanjang  yang dapat ditempuh sekitar 30 menit dari bibir pantai tersebut, dikelilingi spot-spot snorkeling aduhai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com