Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DIY Gelar Festival Layang-layang Nasional 2013

Kompas.com - 19/10/2013, 11:50 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Kulon Progo dan Pekarya Layang-layang Nasional Indonesia menggelar Festival Layang-Layang Nasional 2013.

"Festival dijawalkan berlangsung di Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo, 19-20 Oktober 2013 dan diikuti 30 klub layang-layang nasional," kata Ketua Panitia Festival Layang-layang Nasional 2013, Rahmad Suabadi di Yogyakarta, Jumat (18/10/2013).

Rahmad mengatakan kegiatan tahunan itu sudah berlangsung beberapa kali dan mendapat respons tinggi masyarakat DIY, termasuk wisatawan yang menikmati Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo.

"Tahun lalu tidak kurang 15.000 pengunjung datang menyaksikan kegiatan festival tersebut. Tahun ini ditargetkan jumlah pengunjung akan lebih banyak lagi," kata Rahmad.

Dia menjelaskan beberapa kelas lomba dalam Festival Layang-layang Nasional 2013 meliputi kategori  tradisional (nasional), kategori 2 dimensi (lokal dan nasional), dan katagori 3 dimensi (lokal dan nasional).

"Selain itu, dilombakan kategori Train Naga (nasional) dan kategori Rokuku Challenge (nasional). Bagi para juara  akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan sertifikat," katanya.

Menurut Rahmad, pengunjung festival tersebut juga akan dihibur dengan pentas kesenian. "Festival Layang-layang Nasional ini sekaligus menguatkan citra Pantai Glagah sebagai ikon  Festival Layang-layang Nasional," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com