Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Gencar Promosikan Wisata Pantai dan Gunung

Kompas.com - 24/10/2013, 11:09 WIB
MATARAM, KOMPAS.com - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) gencar mempromosikan potensi pariwisata pantai dan gunung, selain wisata Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

"Kami sedang gencar-gencarnya menggarap 3M (marine, mountain, dan MICE), untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya," kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat (NTB), Awandi Aswinabawa, di Mataram, Rabu (23/10/2013).

Awandi mengatakan, NTB cukup kaya obyek wisata pantai, dan gunung, selain potensi MICE, namun sejauh ini belum dioptimalkan.

Selain keindahan dan panorama alam Gunung Rinjani di Pulau Lombok, dan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, juga pantai Senggigi di Lombok Barat, Medana di Lombok Utara, Sekotong di Lombok Barat, dan Pantai Pink di Lombok Timur, serta pantai kuta di Lombok Tengah.

Oleh karena itu, BPPD NTB terus berkoordinasi dengan para pihak untuk mengembangkan potensi wisata itu agar diminati para wisatawan.

"Tentunya kami juga mendorong peningkatan SDM bidang pariwisata, dan itu juga terus dikoordinasikan dengan asosiasi seperti Asita, PHRI, INCCA, Astindo dan HPI, serta pihak terkait lainnya," ujarnya.

Selain itu, BPPD NTB juga dituntut untuk meningkatkan kreatifitas dalam mempromosikan potensi pariwisata agar jumlah wisatawan yang datang ke NTB.

Menurut Awandi, sejauh ini porsi kegiatan promosi pariwisata NTB di dalam negeri mencapai 85 persen, dan sisanya atau 15 persen merupakan kegiatan promosi di luar negeri, seperti yang dilakukan di China dan Hongkong serta AS.

Upaya lainnya, yakni menjalin koordinasi dengan biro perjalanan wisata dari berbagai kota pariwisata di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan kota lainnya di Pulau Jawa.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Mendaki Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, NTB.
Jalinan kerja sama antarbiro perjalanan wisata itu diharapkan makin memudahkan wisatawan berkunjung ke wilayah NTB, setelah lebih dulu berada di kota-kota besar di Pulau Jawa itu.

BPPD NTB pun telah menempatkan perwakilan di Queensland, Australia bagian timur dan Seoul Korea Selatan, serta Singapura, untuk membantu mempromosikan potensi pariwisata unggulan. Perwakilan BPPD NTB itu masing-masing John Forsyth di Queensland Australia dan Tony Hwang di Seoul, Korea Selatan.

"Kami juga membina hubungan baik dengan berbagai media massa untuk terus mempublikasikan potensi wisata NTB, agar semua pihak lebih siap menghadapi tantangan pengembangan pariwisata di masa mendatang," kata Awandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com