Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Pariwisata, Jakarta Marathon Beri Efek Lebih Luas

Kompas.com - 27/10/2013, 11:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggaraan Jakarta Marathon diharapkan bisa memberikan efek yang luas tidak hanya bagi pengembangan pariwisata di Ibu Kota namun juga pada gaya hidup dan paradigma rasa memiliki kota warga Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budhiman di Jakarta, Minggu (27/10/2013) mengatakan penyelenggaraan Jakarta Marathon bukan hanya untuk menarik wisatawan ke Jakarta namun juga memfasilitasi sekaligus mendorong gaya hidup sehat warga ibu kota melalui menjamurnya komunitas lari atau runner community.

"Misalkan di kelompok pekerja kantor, warga di kelurahan atau komunitas lainnya bisa terbentuk runner community dan itu baik untuk perkembangan kehidupan warga ibu kota," katanya.

Selain mendorong gaya hidup sehat, dengan adanya kegiatan yang memacu kompetisi maka membiasakan untuk mencapai sesuatu sesuai dengan mentaati aturan dan menghormati sportivitas.

Arie juga mengatakan penyelenggaraan Jakarta Marathon ini dapat masuk ke dalam kalender kegiatan lomba marathon yang diselenggarakan di kota-kota besar dunia seperti New York, Paris dan London.

"Kegiatan ini dapat memberikan efek yang luas bagi Jakarta," katanya.

Arie menambahkan sejumlah kegiatan seperti Jakarta Night Market, Jakarta Night Religius Festival dan Jakarta Marathon serta kegiatan rutin hari tanpa kendaraan bermotor di sepanjang Sudirman-Thamrin memberikan pengaruh pada peningkatan jumlah wisatawan serta lama tinggal mereka di Jakarta.

"Para pengelola gedung dan juga hotel di sepanjang Thamrin dan Sudirman senang dengan penyelenggaraan kegiatan semacam itu karena tamu hotel bisa keluar dan membaur dalam kegiatan publik itu," katanya.

Jakarta Marathon berlangsung 27 Oktober 2013 sejak pukul 06.00 WIB dengan melintasi sejumlah rute antara lain kawasan Sudirman, Thamrin, Monas, Kota Tua dan lokasi menarik lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com