Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Mahakam 2013 Tanpa Dana APBD

Kompas.com - 03/11/2013, 17:05 WIB
SAMARINDA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, Kalimantan Timur, HM Faisal, mengatakan penyelenggaraan Festival Mahakam 2013 tidak menggunakan dana APBD.

"Kami bangga penyelenggaraan Festival Mahakam tahun ini tidak menggunakan dana APBD sepersen pun. Semua kegiatan pada pelaksanaan Festival Mahakam ini dibantu oleh pihak swasta," ungkap Faisal kepada wartawan di Samarinda, Kamis (31/10/2013).

"Jadi, seluruh kegiatan itu disponsori oleh pihak ketiga sehingga pelaksanaan Festival Mahakam tidak membebani keuangan daerah. Kami ingin menunjukkan bahwa banyak kegiatan yang bisa dilakukan tanpa harus bergantung dari anggaran pemerintah," katanya.

Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada Festival Mahakam 2013 yakni Mahakam Expo yang mulai dilaksanakan pada 31 Oktober hingga 3 November di Samping Islamic Centre Samarinda. Kemudian parade Band Pub dan Cafe yang dilaksanakan di Tepian Sungai Mahakam serta Mahakam Jazz Fiesta di Jalan Untung Suropati.

Pembukaan secara resmi Festival Mahakam berlangsung Sabtu (2/11/2013) di Halaman Islamic Centre Samarinda dengan menampilkan berbagai kegiatan di antaranya, penyerahan plakat MURI lomba memasak, lomba memancing, lomba dayung Perahu Naga, lomba Power Boating, lomba menggambar dan mewarnai serta lomba Tari Pesisir.

Pada Minggu (3/11/2013) digelar kegiatan lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam, karnaval budaya, lomba fotografi dan desain logo, lomba perahu tambangan, lomba fashion sarung Samarinda dan puncaknya yakni pergelaran ritual adat Dayak Hodoq Kawit.

"Sejumlah kegiatan itu tentunya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit tetapi semuanya sudah dibantu oleh pihak swasta. Kami akan terus berupaya mengevaluasi seluruh pelaksanaan Festival Mahakam agar peleksanaan pada tahun berikutnya bisa lebih baik," katanya.

"Kami juga mengajak masyarakat agar ikut mendukung pelaksanaan Festival Mahakam ini sebab kegiatan ini tidak hanya bersifat lokal tetapi juga bertaraf internasional," tambah Faisal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com