Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Panjang Ramon, Ketapang-Pangkalan Bun

Kompas.com - 20/11/2013, 13:38 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berada di Ketapang, Kalimantan Barat, Ramon Y Tungka, pemandu acara "100 Hari Keliling Indonesia" Kompas TV bertemu dengan wartawan senior, Farid Gaban. Farid bersama temannya, Ahmad Yunus, pernah melakukan ekspedisi mengelilingi Indonesia dengan menggunakan motor pada tahun 2009.

Salah satu anggota "100 Hari Keliling Indonesia",  Ignatius Dimas Yulianto mengatakan, sebenarnya Ramon akan menuju Pangkalan Bun. Setelah bertemu dengan Farid Gaban, barulah mereka bersama-sama menuju Pangkalan Bun menggunakan motor.

"Dari Ketapang Ramon dan mas Farid naik motor menuju Pangkalan Bun. Kalau dulu mas Farid butuh waktu 2 hari untuk jalur Ketapang-Pangkalan Bun," jelas Dimas.

"Di beberapa tempat Ramon dan mas Farid sempat berhenti untuk makan, atau pun sekadar menunjukkan tempat yang dulu pernah disinggahi yang sekarang telah berubah, jadi semacam napak tilas," tambahnya.

Perjalanan menuju Pangkalan Bun, ujar Dimas, ada beberapa jalan yang telah diaspal. Namun di beberapa titik, ditemui pula jalanan yang masih tanah dan berdebu.

"Untuk medannya ada beberapa yang mulus karena sudah diaspal, tapi ada juga yang masih tanah dan berdebu, cukup menguras tenaga di siang bolong panas dan berdebu," tuturnya.

Untuk menuju Pangkalan Bun dari Ketapang, ternyata memakan waktu yang tak sebentar. Ramon menghabiskan waktu perjalanan selama 14 jam hingga akhirnya sampai di tujuan. "Setelah 14 jam perjalanan, akhirnya sampai juga di Pangkalan Bun, badan remuk redam," kata Dimas.

"Tapi di perjalanan sempat juga berhenti karena menemui hutan yang terbakar. Bukan terbakar tapi dibakar untuk pembukaan lahan sawit," sambung Dimas.

Perjalanan panjang Ramon dari Ketapang ke Pangkalan Bun akan dikisahkan dalam episode ke-11 "100 Hari Keliling Indonesia". Program menjelajahi keelokan nusantara tersebut ditayangkan setiap Rabu jam 20.00 WIB di Kompas TV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com