Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semburat Api Biru Ijen Mendunia

Kompas.com - 24/11/2013, 14:39 WIB
RIBUAN bintang menaburi langit saat Fred (25) dan Fabrice (27) tiba di bibir Kawah Ijen, Jawa Timur, Selasa (12/11/2013). Dua turis Perancis itu tertegun memandang semburat api berwarna biru yang berkobar di hadapan mereka. ”Menakjubkan,” kata Fred.

Bau belerang yang menusuk tak membuat Fred dan Fabrice menjauh dari lokasi. Seperti juga wisatawan lain, mereka berdiri beberapa meter dari geliat api yang menyala biru terang sambil menjepret tombol rana kamera dengan bantuan cahaya flash, klik... klik....

Mengabadikan api biru saat tiba di Ijen memang layaknya sebuah keharusan. ”Mas, minta tolong difotoin dengan latar belakang api biru ya,” ujar seorang turis lokal perempuan kepada petambang belerang.

Api biru berpendar begitu gelap datang dan pudar menjelang pagi. Namun, sebagian besar wisatawan memilih mendaki Ijen pada tengah malam atau dini hari karena ingin menyaksikan juga matahari terbit dari puncak Ijen.

Dua lelaki asal Marseille, Perancis, itu pun mulai beranjak dari lokasi api biru begitu sinar mentari perlahan menggantikan pekat malam. Mereka menuju puncak Ijen yang berketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut dan bergegas kembali ke Paltuding, kaki gunung tersebut.

Fred dan Fabrice sudah tiga minggu berada di Indonesia. Setelah berwisata ke Lombok dan Bali, mereka menyempatkan singgah ke Kawah Ijen demi menyaksikan api biru dalam perjalanan menuju Jakarta. ”Seorang teman merekomendasikan Ijen untuk dikunjungi. Dia benar, tempat ini ternyata indah sekali,” kata Fred.

Tak hanya mereka, puluhan wisatawan asing yang sebagian besar tiba saat langit masih gelap memenuhi Ijen hari itu. Ada yang menggunakan jasa petambang belerang sebagai pemandu. Ada pula yang memilih tanpa pemandu.

Dari Paltuding, kaki Ijen yang menjadi gerbang pendakian, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 3,8 kilometer menuju kawah. Medan tanah bercampur pasir yang cukup menanjak umumnya membuat napas tersengal dan batuk. Di tengah jalan, turis dapat berinteraksi dengan para petambang.

Dua tahun terakhir

Fenomena api biru di Ijen telah mendunia. Tak heran jika turis asing silih berganti mengunjungi, seperti Perancis, Italia, Inggris, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, dan Malaysia.

”Dua tahun terakhir, api biru menjadi idola para turis yang ke Ijen. Makanya, banyak yang datang pada malam hari,” ujar Saekoni (35), petambang belerang yang juga menjadi pemandu.

Sekali memandu turis lokal atau asing diperoleh imbalan Rp 100.000-Rp 300.000. Jumlah itu lebih besar daripada pendapatan menambang belerang berkisar Rp 50.000-Rp 90.000 per hari.

Kepala Bidang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jatim Sunandar Trigunajasa mengakui, wisatawan yang ke Ijen awalnya ingin menyaksikan petambang belerang dan matahari terbit. Namun, dua tahun terakhir, fenomena api biru yang ada di kawah menjadi daya pikat utama.

Berdasarkan data BKSDA Jatim, pada Oktober 2010, saat api biru belum menjadi bagian dari promosi Ijen, hanya 899 turis asing dan 226 turis lokal yang berkunjung ke Kawah Ijen. Namun, pada bulan yang sama tahun 2013, ada 1.105 wisatawan asing dan 5.195 turis domestik.

”Saya sudah pernah ke sini dua kali. Tetapi, saya masih penasaran untuk datang karena belum pernah turun ke kawah melihat api biru,” kata Dwirina Septia (21), mahasiswi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang datang bersama sejumlah temannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com