Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nouvelle, Cita Rasa Blasteran Perancis dan Jepang

Kompas.com - 26/11/2013, 15:35 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Apa jadinya jika menu kuliner barat bercampur dengan kuliner timur? Ternyata cita rasa yang elok. Menu "blasteran" ini bisa ditemukan di Nouvelle Restaurant yang menghadirkan perpaduan menu Perancis dengan sentuhan Jepang.

Direktur Operasional Nouvelle Restaurant Winston Jusuf mengatakan, masakan Perancis dan Jepang memiliki kesamaan, yakni sama-sama menggunakan bahan baku segar. "Perpaduan ini sesuatu yang belum ada di Indonesia sebelumnya. Banyak pecinta kuliner dua jenis masakan (Perancis dan Jepang) ini. Maka kami hadirkan perpaduan," ujarnya.

Sentuhan kuliner Perancis dan Jepang bisa ditemui di setiap menu yang ditawarkan restoran. Misalnya saja menu pembuka Edamame Bavarois. Bavarois merupakan masakan khas Perancis yang merupakan mousse cake atau cake yang sangat lembut. Sentuhan Jepang ada pada bahan yang ditaburkan di atasnya, yakni potongan salmon segar, kacang polong, serta cacahan kacang edamame.

Menu lain yang juga perpaduan dua budaya kuliner itu adalah bebek Aiguillette. Aiguillette merupakan daging dada bebek yang diolah dengan jus sake.

KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Duck Aiguillette
Dalam pengolahannya, daging bebek direndam kedalam jus sake hingga lembut. Tenang saja, bercampur dengan sake tidak akan membuat penyantap daging menjadi mabuk, karena sake yang dicampur berkadar alkohol rendah. Daging bebek rendam sake itu disajikan dengan buah ara, jamur king oyster rebus, serta kentang yang digoreng tepung.

Kuliner Perancis dengan sentuhan Jepang juga ada pada menu Fillet Mignon. Menu ini berupa potongan daging tenderloin yang disiram saus Prancis Bordelaise. Tenderloin disajikan bersama potongan kentang dan jamur shimeji. Ketiganya disantap dengan dicocol atau disiram saus bayam.

Sentuhan rasa pesisir Jepang juga ditemui dalam menu masakan laut (seafood). Menu seafood dengan pilihan ikan seabass dipadu dengan tiram. Keduanya disajikan dengan siraman saus dashi.

Kuliner rasa Prancis dan Jepang ala Nouvelle Restaurant dapat ditemui di lantai dasar Equity Tower Kawasan SCBD Jakarta. Nouvelle yang berarti "baru" dalam bahasa Perancis merupakan restoran, bar dan lounge. Sentuhan warna hitam, emas dan merah marun menjadi dominasi warna interior membawa khas Eropa.

Dok. Nouvelle Restaurant Nouvelle Restaurant, Equity Tower, Kawasan SCBD, Jakarta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com