Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Noken Papua Pertama Digelar

Kompas.com - 03/12/2013, 11:19 WIB
JAYAPURA, KOMPAS.com - Festival noken pertama Papua digelar, Selasa (3/12/2013) selama dua hari di auditorium Universitas Cenderawasih.

Ketua panitia pelaksana, Thedy Pekey di Jayapura mengatakan tema acara tersebut adalah "Gerakan Cinta Noken Papua Warisan Budaya Dunia". "Acara ini bertujuan untuk peningkatan pengetahuan noken sebagai warisan budaya Papua menjadi warisan dunia," katanya.

Selain itu, menurut Thedy, tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan arti pentingnya Noken Papua. "Dan peningkatan pengetahuan tentang pentingnya pelestarian noken untuk generasi selanjutnya," katanya.

Festival noken akan diisi dengan seminar, pameran noken dari berbagai daerah di Papua, pentas budaya, festival musik reggae dan terakhir merajut noken.

"Kami berharap dengan adanya festival noken pertama ini, pemerintah pusat dan daerah lebih intens memperhatikan pelestarian noken, dan bagaimana masyarakat lokal, nasional dan internasional tahu tentang tas tradisional asal Papua," katanya.

Selain itu, lanjut Thedy, akan ada materi disampaikan dalam seminar festival noken diantaranya, "Peran Pemerintah dalam Menjaga Noken sebagai Warisan Budaya Papua", "Peran dan Fungsi Orang Papua dalam Melestarikan dan Meningkatkan Noken" serta "Peran Para Akademisi dalam Mempersiapkan Generasi untuk Melestarikan Budaya Noken".

"Kami juga mengimbau kepada para tamu undangan ataupun warga masyarakat yang hadir untuk memakai noken saat festival berlangsung. Tamu yang hadir kira-kira 1.000-an orang," kata Thedy Pekey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com