Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Seabourn Odyssey Singgah di Buleleng

Kompas.com - 05/12/2013, 13:26 WIB
SINGARAJA, KOMPAS.com - Kapal pesiar "Seabourn Odyssey" mengangkut 423 wisatawan mancanegara singgah di Kabupaten Buleleng, Bali untuk mengunjungi obyek wisata di daerah tersebut.

Merapatnya kapal pesiar berbendera Amerika Serikat di Pelabuhan Celukan Bawang, Rabu (4/1/2013) pagi, disambut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng Jro Ketut Warkadea dan jajaran pejabat PT Pelabuhan Indonesia III.

Para wisman yang menumpang kapal berbobot mati 32 ribu gross ton itu dihibur tari Sapi Gerumbungan, begitu menginjakkan kaki di daratan Bali utara itu.

"Seabourn Odyssey merupakan kapal pesiar ketiga yang singgah di sini dalam satu tahun terakhir," kata General Manager PT Pelindo III Cabang Celukan Bawang, Dewa Adi Kumara Jaya.

Meskipun hanya sehari, bersandarnya kapal mewah tersebut diperkirakan mampu memberikan kontribusi sektor pariwisata di Kabupaten Buleleng yang relatif tertinggal dibandingkan dengan kabupaten/kota di Bali selatan.

Rainer Ritier, salah seorang awak kapal mengungkapkan rasa kagumnya atas keindahan panorama Bali utara. "Dari empat pelabuhan di Indonesia yang kami singgahi, Semarang, Surabaya, dan Probolinggo, hanya Pelabuhan Celukan Bawang yang paling bagus. Airnya jernih, pemandangannya juga sangat bagus," kata pria berkebangsaan Jerman itu.

Para wisman kemudian menumpang mobil yang disiapkan di Pelabuhan Celukan Bawang untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata di Bali utara, seperti Pulau Menjangan, Gedong Kirtya, Bedugul, Desa Wisata Julah, dan Desa Wisata Pacung.

Pada sore hari, kapal sepanjang 198 meter itu bertolak menuju Pelabuhan Lembar, Lombok dan Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com