Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Tipe Wisatawan seperti Apa?

Kompas.com - 09/12/2013, 15:57 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Pilihan jenis wisata menggambarkan kepribadian. Apakah Anda pribadi yang gemar tantangan, mencari kenyamanan dalam perjalanan atau justru pencinta seni yang memilih datang ke tempat-tempat dengan bangunan artistik.

Berikut dilansir dari Huffington Post beberapa tipe wisatawan dilihat dari pilihan wisata mereka.

Tipe Klasik

Wisatawan dengan tipe seperti ini menyukai keteraturan. Bepergian tanpa rencana atau itinerary akan membuat mereka stres. Mereka lebih suka melakukan perjalanan dengan rencana yang rinci. Perjalanan dengan menggunakan jasa agen perjalanan wisata (travel agent) menjadi pilihan terbaik untuk mereka.

Tipe Harmonis

Dalam kehidupan sehari-hari, tipe ini sangat peduli (care) dengan orang lain. Mereka lebih banyak menyibukkan diri sendiri dengan kepentingan orang lain. Maka jika liburan, mereka membutuhkan waktu "me time" untuk menikmati kebahagiaan diri mereka sendiri.

Tipe Posh

Orang dengan tipe ini sangat logis dan analitis. Mereka suka mendiskusikan hal-hal berkenaan dengan ilmu pengetahuan. Liburan yang cocok untuk tipe ini adalah perjalanan yang merangsang intelektual. Misalnya ke museum atau tempat bersejarah.

Tipe Wild

Wisatawan dengan tipe ini mereka menikmati berada di luar ruangan dan cenderung memilih melakukan kegiatan ekstrem. Mereka menikmati perjalanan backpacking yang membebaskan mereka. Biasanya atraksi yang dipilih oleh wisatawan tipe ini seperti bungee jumping, rafting, susur gua atau mendaki.

Tipe Chill

Orang tipe ini cenderung berkesan ceria meski cenderung pemalu. Namun mereka sangat suka menghabiskan liburan bersama keluarga pun teman-teman. Wisata ke pantai dengan dibumbui kegiatan budaya sangat cocok untuk wisatawan tipe ini.

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Perahu tambat di obyek wisata Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.
Tipe Artsy

Tipe artsy sangat kreatif. Mereka mencintai seni baik musik maupun menulis. Sebagian dari mereka menikmati perjalanan ke kota dengan karya seni pun yang menyimpan bangunan-bangunan artistik.

Tipe Compassionate

Mereka sangat peduli kepada orang lain dan lingkungan. Wisatawan tipe ini sangat cocok untuk liburan bersifat ekowisata dimana selain mereka bisa bersenang-senang, juga akan dapat lebih peduli dengan alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com