Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Baru Ramai-ramai Berkereta Api

Kompas.com - 10/12/2013, 14:11 WIB
RASAKANLAH kenikmatan berkereta api untuk berwisata sehari! Saatnya kita berwisata bebas dari kemacetan dan dengan ketetapan waktu yang tinggi.

Pilihan wisata jarak jauh dengan menggunakan bus kerap kali menjadi masalah karena kemacetan kini terjadi di berbagai tempat. Akibatnya, waktu banyak terbuang di jalan. Wisata kereta api menjadi pilihan baru.

Menjelang pukul 06.00, Kereta Cirebon Ekspress memasuki Stasiun Gambir, Jakarta. Langit mulai terang. Orang-orang lalu-lalang dan penumpang bergegas menaiki kereta. Ada dua rombongan ibu-ibu yang hendak berwisata ke Cirebon. Rombongan Kompas yang ketika itu berangkat dengan peserta lebih dari 160 orang ikut memenuhi lima gerbong kereta eksekutif.

Begitu kereta tujuan Cirebon itu beranjak meninggalkan Gambir, lima gerbong kereta tersebut seolah menjadi milik rombongan. Berbagai kegiatan dan hiburan massal dapat dilakukan di gerbong.

PT Kereta Api Pariwisata— anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia—menawarkan paket wisata berkereta api untuk rombongan dengan rute ke beberapa tempat.

Direktur PT Kereta Api Wisata Adi Suryatmini mengatakan, ada beberapa paket wisata dengan menggunakan kereta api, antara lain Cirebon, Semarang, Malang, Yogyakarta, dan Purwokerto.

Saat kereta berjalan, petugas hilir mudik menawarkan makanan dan minuman bagi penumpang. Menu masakan yang ditawarkan beragam, mulai dari nasi goreng hingga steak, dengan harga relatif terjangkau. Tak terasa kurang dari tiga jam kereta tiba di Cirebon.

Dengan menggunakan layanan PT Kereta Api Pariwisata, paket tur termasuk penyewaan bus-bus wisata untuk menjemput turis dari stasiun ke obyek wisata, kuliner, pemandu wisata, termasuk oleh-oleh, hingga kembali ke stasiun.

Pengamat ekonomi dan dosen pada Unika Atma Jaya Jakarta, A Prasetyantoko, yang akhir pekan lalu ikut tur rombongan kantor ke Kota Cirebon menuturkan, pelesir dalam waktu sehari terasa menyenangkan dengan kereta api.

Kepala PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (DAOP) III Cirebon Wawan Ariyanto mengemukakan, tingkat kunjungan wisata harian ke Cirebon terus meningkat. Setiap akhir pekan, areal parkir Stasiun Cirebon dipenuhi bus-bus wisata ukuran besar yang disewa untuk menjemput wisatawan.

Ia menambahkan, tren wisatawan sehari ke Cirebon, yakni tiba pada pagi hari untuk keliling lokasi wisata dengan bus lalu pulang pada malam hari, meningkat. Kebanyakan wisatawan berasal dari Jakarta.

Peningkatan kegiatan wisata dengan menggunakan kereta api terjadi karena perubahan dalam pelayanan moda yang satu ini. Rasa baru dalam berkereta api bisa kita rasakan mulai dari tepat waktu, bebas kemacetan, waktu tempuh yang makin pendek, kereta yang bersih, dan juga layanan kereta api yang makin membaik. (LKT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com