Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Tua dan Melaka sebagai "Sister City"

Kompas.com - 14/12/2013, 09:00 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Tua Jakarta dan Melaka yang berada di Malaysia, dinilai memiliki kemiripan. Baik dalam segi budaya, sejarah, hingga jejak peninggalan arsitektur bangunan.

Dengan latar belakang tersebut, pada Malam Apresiasi Wonderful Indonesia yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dilakukan pengukuhan "sister city" kepada kedua kota ini.

"Kota Tua Jakarta dan Melaka mempunyai kedekatan," ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di sela-sela Malam Apresiasi Wonderful Indonesia di Ballroom Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (12/12/2013) malam.

"Ini bisa jadi promosi dua destinasi dan mudah-mudahan kota tua lainnya di Indonesia bisa menyusul. Seperti Semarang," tambahnya.

SHUTTERSTOCK Kota Melaka di Malaysia.
Kota Tua Jakarta dan Melaka memiliki jejak sejarah yang sama dan bertautan. Portugis menjadi yang pertama menduduki kota sebelum akhirnya diambil alih oleh Belanda pada abad 16. Di tangan Belanda, Jakarta atau Batavia adalah sebagai pusat pemerintahan. Dengan kata lain, kendali atas Melaka saat itu di tangan Belanda yang markas besarnya berada di Jakarta.

Maka bangunan-bangunan tua yang ada di Melaka pun hampir mirip dengan yang ada di Kota Tua. Selain itu, potensi budaya Pecinan dan Peranakan hadir di kedua kota ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com