Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karnaval Kuda Pattuddu di Polewali Mandar

Kompas.com - 18/12/2013, 12:53 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat bertekad mengangkat Kuda Pattuddu atau kuda yang pandai menari menjadi ikon wisata unggulan. Selasa (17/12/2013) siang, sebanyak 300 lebih kuda penari atau yang akrab dikenal dengan sebutan Sayyang Pattuddu dari berbagai pelosok desa di Polewali Mandar memeriahkan Karnaval Kuda Pattuddu dalam rangka memeriahkan HUT ke-54 Polewali Mandar yang jatuh pada 29 Desember 2013.

Pembukaan Pekan Budaya Polewali Mandar tak hanya dimeriahkan dengan karnaval kuda penari tapi ribuan warga menggunakan pakaian adat Mandar berpawai keliling kota Polewali Mandar.

Karnaval yang diikuti lebih dari 300 ekor kuda terlatih dan pawai menari mengikuti irama rebana dan perintah tuannya ini diawali di Lapangan Pancasila dan berakhir di Stadion Salim S Mengga. Meski karnaval baru dimulai pukul 14.00 Wita namun kuda-kuda dari berbagai desa ini sudah berdatangan ke lokasi sejak pagi. Bahkan sebagian peserta sudah hadir lebih awal agar bisa mengikuti seluruh rangkaian karnaval.

Karnaval kuda ini tidak hanya menarik dan menjadi hiburan bagi wisatawan lokal tetapi sejumlah wisatawan asing seperti Jepang dan Australia dalam beberapa tahun terakhir tak pernah absen menyaksikan karnaval tahunan di Polewali Mandar.

Tak heran jika atraksi budaya Mandar ini selalau menyedot perhatian ribuan warga Polewali Mandar terutama di sepanjang rute jalan yang dilalui peserta karnaval. Setiap Kuda Pattuddu ditunggangi seorang gadis cantik dan diiringi goup rebana dan seorang Pakkalindagdag atau seniman pantun ala Mandar.

Untuk satu group peserta karnaval terdiri dari satu kuda penari, seorang gadis cantik, group rebana dan Pakkalindagdag rata-rata membutuhkan biaya hingga Rp 5 juta. Selain menggelar karnaval kuda menari dan pawai pakaian adat, pekan budaya ini juga dimeriahkan dengan beragam permainan tradisional khas Mandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com