Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis dan Stik Tahu

Kompas.com - 23/12/2013, 08:47 WIB
TERBANG ke Perancis untuk menikmati keeksotisan bangunan dan wisata religinya tentu harus merogoh kocek dalam-dalam. Padahal, untuk menikmati keeksotisan seperti itu, di Indonesia juga ada, tepat di Kabupaten/Kota Kediri, Jawa Timur.

Kota Kediri terletak di wilayah selatan bagian barat Jawa Timur, sekitar 120 kilometer dari ibu kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Di kota yang terkenal dengan camilan stik tahu ini terdapat miniatur Goa Maria Lourdes yang merupakan replika dari patung Maria Lourdes di Perancis.

Goa Maria Lourdes berada di kompleks Gereja Puhsarang di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, sekitar 10 kilometer arah barat daya Kota Kediri. Kompleks gereja nan eksotis yang terletak tepat di kaki Gunung Wilis ini terbuka untuk umum. Kompleks Puhsarang seperti candi karena bangunannya disusun dari batu. Perpaduan nuansa Jawa dan Eropa ada di sana.

Selain dua tempat bernuansa Perancis, kota yang dibelah oleh Sungai Brantas ini menawarkan sejumlah obyek wisata menarik lainnya, seperti Goa Selomangleng di kaki Gunung Klothok, Desa Waung, sekitar 2 kilometer dari Kota Kediri, dan Petilasan Sri Aji Joyoboyo di Desa Menang, Kecamatan Pagu, sekitar 10 kilometer dari Kota Kediri.

Hampir semua obyek wisata di Kediri bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Penginapan yang nyaman juga tersedia. Sebelum meninggalkan Kediri, wisatawan sebaiknya mampir ke kawasan pusat oleh-oleh di Jalan Yos Sudarso, Kota Kediri. Tentu tidak lengkap jika sudah datang ke Kediri tidak membawa pulang stik tahu. (JUMARTO YULIANUS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com