Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sleman Tawarkan Banyak Pilihan untuk Wisatawan

Kompas.com - 25/12/2013, 17:16 WIB
SLEMAN, KOMPAS.com - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menawarkan banyak pilihan acara bagi wisatawan untuk merayakan malam Tahun Baru 2014. "Berbagai kegiatan telah dipersiapkan disejumlah lokasi dan objek wisata untuk memberikan alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi, Selasa (24/12/2013).

Menurut Ayu, kegiatan malam Tahun Baru 2014 selain yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, juga ada yang dilaksanakan pemangku kepentingan dan pelaku pariwisata di antaranya di kawasan Kaliurang, Lapangan Denggung, Monumen Jogja Kembali (Monjali), dan Taman Kuliner Condongcatur, Depok, Sleman.

"Penyelenggaraan kegiatan di kawasan Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, dikemas dalam tajuk Gebyar Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) 2013. Dalam Gebyar ODTW ini terdiri atas tiga kegiatan, yaitu Festival Lampion, Kirab Budaya 'Obor Merapi Sapit Urang', Pesta Seni dan Kembang Api," katanya.

Festival lampion diikuti semua lapisan masyarakat Kaliurang mulai dari pintu gerbang utama hingga kawasan Tlogo Putri dari 27 hingga 31 Desember 2013. Selain itu masyarakat dan pelaku pariwisata juga menyemarakkan Tahun Baru 2014 dengan pemasangan obor di sepanjang jalan di kawasan Kaliurang.

"Kirab Budaya 'Obor Merapi Sapit Urang' sepanjang satu kilometer diikuti 10 kelompok budaya dengan rute Patung Udang , Patung Monyet , Taman Kanak-Kanak , dan finish di Tlogo Putri yang dilaksanakan Selasa, 31 Desember 2013 mulai 19.30 hingga 20.30 WIB," katanya.

Kemudian pentas seni dan kembang api dilaksanakan Selasa 31 Desember 2013 mulai pukul 19.00 hingga 24.00 WIB di empat titik lokasi, yaitu di Panggung Barak selatan Taman Kanak-Kanak dengan pentas campursari dari komunitas Hargobinangun Kaliurang, Gardu Pandang Boyong berupa pentas karawitan dan cokekan dari kelompok Garuda Dadali dari Sidoagung Minggir.

Selanjutnya Panggung Tlogo Putri dengan pementasan tiga grup band orkes melayu yaitu Nabila dari Ngawen Trihanggo Gamping, Seva Nada dari Morangan Triharjo Sleman dan Latanza dari Nyamplung Margokaton Seyegan, serta Lapangan Kaliurang Barat dengan pementasan elektone dan band dari masyarakat Kaliurang Barat.

"Selain itu terdapat beberapa titik penyelenggaraan acara malam tahun baru di beberapa lokasi yaitu di Lapangan Denggung, Kawasan Monjali dan Kawasan Taman Kuliner Condongcatur," katanya.

Manajemen Monjali bekerja sama dengan PT Taman Pelangi akan menyelenggarakan kegiatan pentas musik akustik, pelepasan lampion terbang, pembagian terompet dan pesta kembang api yang digelar mulai Selasa, 31 Desember 2013 pada 17.00 WIB hingga dini hari dengan tiket masuk Rp 15.000.

Sementara itu, di Kawasan Taman Kuliner Condongcatur dipentaskan orkes melayu Yo Ben Nada dari Mesan Sinduadi Mlati pada 14.00 hingga 17.00 WIB dan Thee Plus Band dari Karangjati Sinduadi Mlati dan komunitas Koes Plus Sleman pada 20.00 WIB hingga dini hari.

"Di desa wisata Pulesari, Wonokerto, Turi pada malam tahun baru juga dipentaskan kesenian religius Kobrasiswa 'Putro Mudo' dari dusun setempat mulai 20.00 WIB hingga dini hari," katanya.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Anak-anak warga Dusun Kinahrejo menampilkan atraksi kesenian jatilan pada acara pembukaan Wisata Alam Jelajah Kinahrejo di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (12/2/2011).
Ayu mengatakan, untuk di Kawasan Lapangan Denggung, Tridadi, Sleman mulai 19.00 WIB hingga dini hari diagendakan empat zona kegiatan, yaitu Band dan Skateboard dari Komunitas Skateboard Denggung, musik keroncong, pameran komunitas kreatif Sleman, panggung seni pramuka se Kabupaten Sleman.

"Selain itu juga dimeriahkan dengan medley tarian khas Sleman dan tarian massal bersama 300 anak-anak dan pemuda Sleman. Mengawali pergantian tahun 2014 di kawasan ini akan disambut dengan tembakan salvo dengan 100 meriam bambu," katanya.

Selain itu pada malam tahun baru mulai pukul 20.00 WIB juga ada pergelaran wayang kulit semalam suntuk oleh dalang Ki Bayu Sugati di sebuah desa wisata baru yaitu desa wisata Temon Kampung Bocah, Pandowoharjo Sleman. Sebelumnya di tempat ini Minggu 29 Desember pukul 09.00 - 17.00 WIB dipentaskan kesenian kuda lumping Cahya Budaya Sumbing dari Kajoran Magelang. Pada Senin, 30 Desember diagendakan lomba mewarnai untuk anak-anak dan acara seremonial launching desa wisata Temon Kampung Bocah.

"Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Kaliurang pada 1 Januari 2014 masih berkesempatan untuk menikmati kesenian jathilan Turonggo Mudo Budoyo dari Klenggukan Tirtomartani Kalasan pada pukul 10.00 - 16.00 WIB," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com