Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Prediksi Wisata 2014

Kompas.com - 28/12/2013, 20:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Wego, situs pencarian wisata terdepan di Asia Pasifik dan Timur Tengah, mengumumkan destinasi wisata terpopuler sepanjang 2013 dan memprediksi tren perjalanan untuk 2014.

“Di seluruh wilayah yang menjadi pasar Wego, ada banyak tren wisata yang berubah sepanjang tahun ini. Orang kini lebih sering bepergian ke destinasi yang belum pernah mereka kunjungi. Entah ke destinasi yang benar-benar baru ataupun destinasi yang sudah lama populer,” kata CEO dan Co-founder Wego, Ross Veitch.

Penyebaran destinasi itu ditilik dari data internal Wego. “Akses ke berbagai destinasi di kawasan juga melonjak dramatis,” kata Ross.

Menurut Ross, hal itu juga mencerminkan pengguna Wego yang merasa semakin nyaman dan aman memakai mesin pencari Wego. Apalagi sekarang sudah muncul banyak versi lokal dari situs Wego di beberapa negara. “Adanya peningkatan jumlah maskapai, hotel, dan partner OTA (agen travel online) dalam mesin pencari Wego ikut membantu wisatawan untuk mengeksplorasi berbagai pilihan wisata yang ditawarkan saat ini,” jelas Ross.

Hadir di 50 negara dengan 30 pilihan bahasa, tahun ini Wego juga menunjuk enam Market Development Manager untuk wilayah Taiwan, Hongkong, Filipina, China, Singapura, Malaysia, Rusia, Thailand, dan Prancis. Pertumbuhan ini juga didukung lewat kehadiran kantor regional Wego di Jakarta, Bangalore, Dubai, serta pindahnya kantor pusat di Singapura ke gedung baru pada bulan Maret yang lalu.

KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Seorang wisatawan asing berkeliling menikmati keindahan Pura Taman Ayun, Kabupaten Badung, Bali, akhir Agustus 2012. Selain pengunjung yang ingin bersembahyang, pengunjung lain hanya bisa menikmati keindahan pura dari luar pagar. Pura ini dibangun pada abad ke-17 oleh Raja Mengwi Tjokorda Sakti Blambangan dan menjadi bagian dari Warisan Budaya Dunia.
“Tim Wego telah bekerja keras sepanjang tahun 2013 untuk mengembangkan produk dan teknologi baru yang akan diluncurkan pada 2014. Kami menjanjikan, terobosan tersebut akan memberi pengalaman lebih. Jadi bersiaplah,” kata Ross.

Berikut Destinasi Terpopuler berdasarkan mesin pencari Wego:
 
Indonesia

“Sangat menarik melihat angka kunjungan ke Bangkok mengungguli Kuala Lumpur tahun ini,” kata Managing Director Wego Indonesia, Graham Hills.

Menurut Graham, umumnya wisatawan dari Indonesia menikmati liburan di ibu kota Thailand tersebut, kemudian lanjut ke kota-kota lain seperti Phuket. "Ini alasan mengapa Phuket juga ada dalam daftar teratas destinasi favorit orang Indonesia di mesin pencari Wego," katanya.

Walaupun nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melemah lebih dari 20 persen dalam enam bulan terakhir, Wego Indonesia justru mencatat adanya kenaikan pencarian wisata ke luar negeri sebanyak 58 persen tahun 2013. "Selama tahun ini, jumlah pencarian destinasi luar negeri mencapai 38 persen dari total pencarian. Bandingkan dengan tahun lalu yang hanya 24 persen," imbuh Graham.

Untuk tahun 2014, Graham memprediksi wisatawan Indonesia akan lebih banyak mengakses informasi wisata lewat ponsel ketimbang desktop. “Untuk destinasi luar negeri yang favorit, kelihatannya China akan mengungguli Malaysia. Selain itu, saya yakin akan ada peningkatan jumlah wisatawan Indonesia yang pergi ke Eropa,” katanya.

SERAMBI/M ANSHAR Penumpang kapal pesiar Calledonian Sky mengunjungi objek wisata PLTD Apung yang hanyut terbawa tsunami 2004 lalu di Gampong Punge Blangcut, Banda Aceh, Minggu (13/10/2013). Sebanyak 88 turis asal Australia dan Inggris tersebut menghabiskan waktu selama empat jam untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kota Banda Aceh sebelum melanjutkan pelayaran ke Pulau Simeulue (Aceh) dan Pulau Nias, Medan.
Meski begitu, secara keseluruhan Graham meramalkan pertumbuhan wisatawan ke luar negeri akan melambat. Ini akibat melemahnya nilai tukar rupiah di kuartal terakhir  2013. Orang Indonesia diprediksi akan lebih banyak memilih destinasi lokal.

Untuk wisman, Indonesia menjadi destinasi internasional yang sangat terjangkau buat wisatawan dari negara-negara di dalam kawasan. “Jadi, kami berharap tahun depan pasar wisatawan dari Singapura, Malaysia, dan Australia yang menghabiskan liburan di Indonesia juga naik," kata Graham.

Australia

“Sepuluh destinasi teratas bagi pengguna Wego Australia adalah Singapura, Kuala Lumpur, dan Hongkong. Bali, Manila, dan Phuket juga tetap favorit di kalangan wisatawan yang mencari resor liburan,” kata COO Wego, Matthew Varley.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com