Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2013, 12:51 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Kota Sawahlunto belakangan ini menjadi pembicaraan di kalangan penggemar travelling terutama pra penyuka wisata sejarah. Awalnya kota ini dikenal sebagai kota tambang batu bara di era kolonial Belanda.

Kini, Sawahlunto menjadi salah satu destinasi wisata yang tengah naik daun dari Sumatera Barat. Jika tertarik mengunjungi kota ini, berikut tips wisata.

Akses. Dari Kota Padang, sebagai akses masuk Sumatera Barat melalui jalur udara yaitu Bandara Internasional Minangkabau. Paling mudah tentu saja dengan menyewa mobil lengkap dengan sopirnya. Harga sewa mulai dari Rp 350.000. Lama perjalanan darat sekitar 2,5 jam.

Untuk pengalaman yang lebih, Anda bisa naik kereta wisata yang beroperasi di hari Minggu. Sebelumnya, Anda naik kereta dari Stasiun Padang Panjang. Dari sini, naik kereta menuju Sawahlunto dengan lama perjalanan sekitar 3 jam. Selama perjalanan, kereta akan melewati Danau Singkarak.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Lubang Mbah Suro di Sawahlunto, Sumatera Barat.
Penginapan. Di kota ini hanya tersedia hotel melati semacam wisma penginapan, mess, dan homestay. Hotel melati antara lain Hotel Parai dan Hotel Ombilin. Namun, sebagian besar wisatawan lebih memilih menginap di homestay.

Sawahlunto dengan apik mengatur standarisasi homestay di kota ini. Ada lebih dari 50 homestay yang dikelola langsung oleh warga setempat. Tarif menginap di homestay mulai dari Rp 70.000 per malam. Biasanya sudah termasuk sarapan.

Transportasi. Jika Anda menyewa mobil, maka ini cara termuda untuk berkeliling Sawahlunto. Pusat kota sendiri tidak terlalu luas dan beberapa obyek wisata berupa museum bisa Anda capai dengan berjalan kaki. Bisa juga berkeliling kota dengan naik ojek. Pilihan lain untuk si kecil bisa naik kereta wisata yang berkeliling di kota ini.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Koleksi Menu Makanan di Museum Goedang Ransoem Sawahlunto, Sumatera Barat
Obyek wisata. Museum menjadi andalan wisata Sawahlunto. Anda bisa berkunjung ke Lubang Mbah Soero, Museum Gudang Ransoem, dan Museum Kereta Api. Di Museum Kereta Api, Anda akan melihat kereta Mak Itam yang legendaris. Untuk rekreasi, Anda bisa mengunjungi waterpark bersama keluarga yang merupaan waterpark pertama di Sumatera Barat.

Oleh-oleh. Sebagai kota tambang batu bara, oleh-oleh paling unik adalah kerajinan dari batu bara. Aneka hiasan seperi pajangan mobil dan diorama dibuat menggunakan batu bara yang dipahat sedemikan rupa. Oleh-oleh lain yang bisa Anda beli adalah kopi dan tenun khas Silungkang, sebuah kecamatan di Sawahlunto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com