Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Apa Saat Melancong?

Kompas.com - 02/01/2014, 09:53 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Barang-barang apa saja yang harus dipersiapkan saat melakukan perjalanan? Apakah yang perlu dibawa dan bagaimana menatanya?

Banyaknya barang yang dibawa akan berpengaruh terhadap kenyamanan selama perjalanan. Agar Anda tak dipusingkan soal barang bawaan, berikut ini adalah kiat membawa barang bawaan.

Bawa pakaian seperlunya. Perkirakan pakaian yang Anda akan bawa. Hitung hari perjalanan dengan kira-kira banyaknya pakaian yang dipakai. Pertimbangkan pula bahwa Anda akan membeli buah tangan di tempat wisata. Tentu ini  akan menambah beban bawaan Anda.

Jenis pakaian. Pemilihan jenis pakaian akan memengaruhi ruang serta berat bawaan. Baiknya Anda membawa pakaian berbahan tipis seperti katun atau rayon agar tidak memakan banyak ruang. Pertimbangkan apakah Anda memang perlu membawa pakaian berbahan berat seperti jins dan wol.

Pakai jaket atau sweater. Jaket dan sweater banyak memakan ruang dalam tas. Jika berencana menyertakan jaket dalam perjalanan Anda, pakai saja. Selain meringankan bawaan, jaket juga berfungsi menghangatkan dari hawa dingin selagi di perjalanan.

Jenis tas. Banyak calon wisatawan bingung memilih tas yang digunakan saat berwisata. Apalagi jika perjalanan yang ditempuh cukup panjang. Salah satu kiat adalah pilih yang nyaman di tubuh dan bisa Anda bawa sendiri.

Keril, daypack, atau koper adalah jenis tas yang lazim digunakan untuk berwisata. Ingat saja untuk menyertakan tas kecil yang berisi perlengkapan darurat untuk berjaga-jaga selama perjalanan, misalnya dompet, paspor, dan obat-obatan.

Perlengkapan elektronik. Kamera merupakan barang wajib dibawa saat melancong. Selain itu telepon genggam untuk berkomunikasi. Tak perlu repot membawa terlalu banyak gadget.

Ingatlah untuk membawa pengisi ulang. Jika perjalanan Anda banyak di mobil, tak ada salahnya membawa pengisi ulang untuk mobil. Untuk tujuan internasional, jangan lupa membawa adaptor internasional.

Peralatan mandi. Jika gaya melancong Anda bukanlah backpacker dan kulit Anda tidak sensitif, maka tak perlu memberatkan diri membawa peralatan mandi yang lengkap. Hotel tempat Anda menginap biasa menyediakan peralatan mandi ini. Jika tak sesuai, Anda bisa membelinya di mini market terdekat.

Beri tanda "Pecah Belah". Jika Anda membawa sesuatu yang rentan selama perjalanan semisal tripod kamera, tak ada salahnya mencantumkan tanda "Fragile" atau "Pecah Belah" pada tas. Agar jika ada orang yang membantu membawakan tas, ia bisa lebih berhati-hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com