Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum "Check Out" dari Hotel

Kompas.com - 07/01/2014, 18:19 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Jangan terburu-buru saat check-out dari kamar hotel. Tak masalah jika Anda termasuk orang yang rapi dan tidak mengeluarkan semua barang dari tas Anda. Bagaimana kalau Anda tipikal pelupa dan berantakan. Nah, berikut beberapa kiat yang perlu Anda lakukan sebelum check-out dari kamar hotel.

Periksa kembali seluruh kamar dengan seksama. Benar-benar dengan seksama. Jangan sekadar melihat sekilas. Tetapi periksa di balik selimut sampai di bawah tempat tidur. Siapa tahu ada barang yang terjatuh.

Lalu cek di setiap laci. Bisa jadi Anda menaruh sesuatu di laci dan Anda melupakannya. Cek juga lemari dan sudut-sudut lantai. Lalu cek di kamar mandi, bahkan di area pancuran mandi. Periksa kembali safe deposit box.

Cek alat pengisi daya baterai Anda. Letak stop kontak di kamar hotel biasanya tersembunyi. Entah di belakang meja, di sudut lantai, ataupun di belakang lampu. Ketika memasang alat pengisi daya baterai (charger) ke stop kontak, banyak tamu lupa untuk mencopotnya.

Belakangan banyak hotel baru memasang stop kontak di atas meja, sehingga memudahkan tamu untuk ingat mencopot charger. Jadi pastikan hitung kembali semua charger Anda. Cek setiap stop kontak yang ada di kamar hotel Anda.

Periksa pengeluaran Anda. Hitung kembali biaya yang Anda keluarkan untuk kamar yang Anda tempati. Apakah Anda membeli minuman dan makanan yang ada di minibar? Jika ya, hitung berapa harganya.

Lalu, apakah wifi yang Anda gunakan gratis? Jika tidak, berapa biaya yang sudah dikeluarkan. Termasuk penggunaan telepon. Jika Anda memesan makanan melalui room service, ingat kembali apakah sudah dibayar atau Anda masukan dalam tagihan kamar.

Hal sama juga berlaku untuk jasa laundry maupun penggunaan fasilitas hotel lainnya yang tidak gratis, misalnya makan di restoran dan spa. Hitung ulang semuanya, karena banyak hotel yang bisa salah menghitung total biaya.

Jika Anda merusak suatu barang di kamar hotel, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan. Misalnya memecahkan gelas.

Ambil perlengkapan hotel. Jangan tinggalkan perlengkapan hotel yang bisa Anda bawa pulang. Selain sebagai suvenir, sebagian besar perlengkapan ini hanya akan dibuang oleh petugas hotel jika Anda tak membawanya pulang.

Apa saja yang bisa dibawa pulang? Segala perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, pelembab, sikat gigi dan pasta gigi, pencukur kumis, sampai kapas dan cotton bud. Tentu handuk dan keset tidak boleh Anda bawa pulang.

Barang lain yang bisa Anda bawa pulang seperti kertas dan perlengkapan tulis seperti pulpen dan pensil. Anda juga bisa membawa sandal hotel dan tas plastik laundry. Anda juga bisa membawa pulang kopi, teh, dan gula yang biasanya dikemas dalam satuan.

Uang deposit. Biasanya sebelum check-in, tamu harus meninggalkan sejumlah uang tertentu untuk deposit, bisa uang tunai maupun menggunakan kartu kredit. Ingatkanlah petugas mengenai deposit yang sudah Anda berikan ini.

Isi formulir pelanggan. Di kamar hotel biasanya ada secarik kertas yang meminta tanggapan tamu. Isilah ulasan tersebut sejujur-jujurnya karena informasi dari tamu akan sangat berguna untuk pihak hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com