Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramon Bertemu Pemain Kacaping di Majene

Kompas.com - 08/01/2014, 09:36 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Setelah berwisata alam memanjat tebing karst Maros, tim 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI) bergerak menuju Majene, Sulawesi Barat. Menurut salah satu anggota tim 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI), Tanti Malasari, selama di Majene tim yang dipandu oleh Ramon Y Tungka tersebut ditemani oleh seorang teman bernama Ridwan.

"Setelah Maros, tim bergerak menuju Majene. Ditemani seorang teman, Ridwan, tim akan mengunjungi dua pemain kacaping Mandar," kata Tanti.

Pemain kacaping Mandar di Majene ialah dua orang perempuan, Nenek Maryama dan Nenek Santuni. Mereka biasa dipanggil Pakacaping, yang merupakan panggilan kepada para pemain kacaping. "Pakacaping laki-laki disebut Tommuane, sedangkan (pakacaping) perempuan disebut Tobaine," jelas Tanti.
 
Saat ini keberadaan pakacaping sangat langka. Kedua nenek tersebut adalah para pakacaping Tobaine yang masih tersisa di Sulawesi Barat.

dok. Kompas TV Pemandu Acara 100 Hari Keliling Indonesia, Ramon Y Tungka Menjajal Kacaping di Majene, Sulawesi Barat
Sebelumnya tim 100 HKI mengawali perjalanan dari Jakarta, kemudian menuju Pulau Sumatera, dan Kalimantan. Sepanjang perjalanan, tak hanya menyajikan panorama Indonesia namun juga sisi lain kehidupan masyarakat mulai dari budaya, masalah lingkungan sampai problematika transportasi.

Dalam melakukan misi keliling Indonesia tersebut tim tidak menggunakan penerbangan komersial, tetapi menggunakan jalur darat laut dan penerbangan perintis. Beberapa kisah yang dialami oleh tim pernah ditayangkan di rubrik Travel Kompas.com. Sedangkan penayangannya setiap hari Rabu jam 20.00 WIB di Kompas TV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com