Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Targetkan 3 Juta Wisatawan China

Kompas.com - 15/01/2014, 09:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menargetkan jumlah kunjungan wisatawan asal China akan meningkat menjadi 3 juta orang pada tahun 2016. "Tahun 2013 sekitar 800.000 wisatawan asal China mengunjungi Indonesia. Dalam tiga tahun ke depan kita ingin menarik 3 juta turis China," kata Dubes RI untuk China, Sugeng Rahardjo di Jakarta, Senin (14/1/2014). Dubes Sugeng baru dilantik pada Desember 2013.

Menurut Dubes, kunci meningkatkan jumlah wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia ada pada diplomasi budaya dan ekonomi yang intens. Promosi destinasi wisata baru seperti Singkawang yang terkenal dengan festival jelang perayaan Imlek juga merupakan salah satu cara untuk menarik wisatawan China.

Tahun lalu Indonesia memperbarui kerja sama bidang pariwisata dengan China. Pembaruan kerja sama ditandai dengan penandatanganan MoU kerja sama pariwisata kedua negara sebelumnya yang ditandatangani sejak 2000. Pembaruan MoU dinilai perlu diperbarui sesuai dengan perkembangan yang pesat dari kedua negara.

Pembaruan MoU dan pengaturan kerja sama di bidang pariwisata akan juga ditindaklanjuti dengan Rencana Aksi yang konkret termasuk promosi bersama, berbagi informasi, fasilitasi perjalanan, peningkatan kapasitas, dan investasi pariwisata di kedua negara.

Kerja sama ini diharapkan juga tidak hanya terjadi di level pemerintah pusat, tetapi juga di tingkat pemerintah daerah serta kerja sama antarsektor industri pariwisata kedua negara, katanya seperti dikutip dalam siaran pers itu.

United Nation World Tourism Organizations (UNWTO, 2013) melaporkan bahwa pada 2012, China telah mencatat rekor baru dalam sejarah pariwisata dunia dengan menempati peringkat pertama sebagai sumber pasar wisata dalam hal pengeluaran yang mencapai 102 juta dollar AS, atau meningkat 40 persen dari 2011 yang hanya mencapai 73 juta dollar AS.

Dalam hal ini, volume wisatawan China yang bepergian ke luar negeri meningkat pesat dari hanya 10 juta pada 2000 menjadi 83 juta pada 2012. Pada 2012 jumlah wisatawan asal China yang berkunjung ke Indonesia mencapai 726.088 (ditambah 81.782 dari Hongkong).

Jumlah tersebut masih di bawah wisatawan China yang datang ke Malaysia sebanyak 1,56 juta wisatawan dan ke Thailand sebanyak 2,7 juta wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com