Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2014, 14:33 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan keliling Indonesia oleh tim 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI) Kompas TV masih berada di Pulau Celebes tepatnya di Majene, sebuah kota di Sulawesi Barat. Pemandu acara program, Ramon Y Tungka ditemani tokoh muda asal Mandar, Ridwan Alimudin.

Salah satu anggota 100 HKI, Ignatius Dimas Yulianto mengatakan, keduanya mengunjungi salah satu bangunan bersejarah di Majene yaitu Museum Mandar. Pada zaman perjuangan kemerdekaan, Majene termasuk salah satu wilayah di Sulawesi yang menjadi basis pertahanan para pejuang.

"Di museum, Ridwan menerangkan foto-foto perjuangan warga Mandar pada tahun 1940-1950 an," ujar Dimas.

Setelah dari museum, perjalanan mereka pun melanjutkan perjalanan mengunjungi Sungai Mandar. "Konon nama daerah Mandar itu berasal dari nama Sungai Mandar," kata Dimas.

Perjalanan Ramon mengunjungi Museum Mandar ditayangkan pada episode ke-15 100 HKI. Selain menyajikan panorama dan keindahan nusantara, tayangan pun akan mengulas sisi lain problematika transportasi, sosial dan budaya yang terjadi di tanah air. Beberapa cerita perjalanan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel. Sedangkan di Kompas TV, 100 HKI ditayangkan setiap Rabu jam 20.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com