Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Sambil Berkarya? Sambangi Tempat-tempat Ini

Kompas.com - 18/01/2014, 18:54 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Pelesiran identik dengan jalan-jalan ke pantai, melihat panorama yang indah, atau menikmati makanan lezat. Namun, Indonesia mampu menawarkan lebih. Bagaimana kalau mencoba wisata sambil berkarya.

Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang memberikan kesempatan bagi pengunjungnya untuk berkarya atau membuat sesuatu. Umumnya membuat kerajinan tangan seperti batik dan tenun. Bisa juga kelas memasak.

Tentu berkarya saat wisata terkendala waktu yang tak banyak. Tenang saja, banyak tempat yang menawarkan kursus kilat. Uniknya, banyak pula kursus berkaitan dengan budaya dan tradisi setempat. Tertarik? Coba cari tempat-tempat di destinasi Anda yang menawarkan kelas workshop secara kilat.

Museum

Banyak museum di Indonesia yang menawarkan workshop kilat. Sebut saja seperti Museum Wayang di Jakarta yang memiliki kelas workshop membuat wayang janur. Atau, di Museum Puri Lukisan Ubud di Bali mengajarkan kelas membuat banten atau sajen khas umat Hindu di Bali.

Desa Adat dan Desa Wisata

Penduduk di berbagai desa adat atau desa wisata di Indonesia biasanya memiliki keahlian dalam membuat suatu kerajinan. Pengunjung yang datang pun bisa ikut belajar membuat kerajinan tersebut.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Desa wisata Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.
Misalnya seperti Kampung Tarung di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Di kampung ini, wisatawan bisa melihat cara pembuatan tenun motif Sumba. Tak jarang, wisatawan juga bisa mencoba menenun.

Contoh lainnya Desa Krebet di Yogyakarta. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan batik kayu. Wisatawan yang datang juga bisa menginap di homestay yang disediakan di Desa Krebet, terutama untuk wisatawan yang ingin mempelajari cara pembuatan batik kayu.

Sentra Kerajinan

Sentra kerajinan di daerah bisa menjadi tempat belajar pembuatan suatu kerajinan. Anda bisa melihat langsung proses pembuatan, sekaligus sesekali mencoba ikut membuatnya.

KOMPAS/INGKI RINALDI Perajin batik Cirebon.
Misalnya sentra pembuatan dodol di Garut. Selain bisa melihat cara membuat dodol, Anda bisa ikut membantu mengaduk adonan dodol. Atau, di toko Chocodot, Anda bisa belajar membuat cokelat isi dodol.

Tempat pembuatan batik biasanya juga menyediakan kursus kilat pembuatan batik. Setelah kursus, peserta bisa berbelanja batik. Contohnya adalah sentra batik di Tasikmalaya dan Cirebon.

KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Topeng Sebagai Perlengkapan Pertunjukkan Tari Kesenian Wayang Topeng Malang di Sanggar Asmara Bangun, Dusun Kedung Monggo, Desa Karang Pandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang
Sanggar

Beberapa sanggar seni di Indonesia menawarkan pengalaman lebih kepada pengunjung. Tak sekadar melihat penampilan seni, tetapi juga membuat pengunjung berpartisipasi mempelajari kesenian ataupun membuat sesuatu.

Contohnya adalah Sanggar Asmara Bangun di Malang. Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan pentas Wayang Topeng Malang. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar membuat topeng kayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com