Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis China Datang ke Indonesia Saat Imlek

Kompas.com - 21/01/2014, 18:07 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan China yang berlibur ke Indonesia umumnya memilih datang saat musim liburan panjang seperti hari raya Imlek. Tahun ini, Imlek akan berlangsung pada akhir Januari 2014.

Hal tersebut diungkapkan Kasubdit Analisa Pasar Internasional, Direktorat Pengembangan Pasar dan Informasi Kemenparekraf, Budihardjanti, seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (20/1/2014).

“Setiap liburan hari raya Imlek jumlah kunjungan wisman ke Indonesia naik signifikan terutama dari RRT, Hongkong, Taiwan, Singapura dan Malaysia,” kata Budihardjanti.
 
Ia menambahkan wisatawan China rata-rata memiliki lama tinggal sekitar  4-5 hari dengan pengeluaran sekitar 100-110 dollar Amerika Serikat per hari.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Warga keturunan Tionghoa membakar dupa untuk berdoa menyambut tahun baru Imlek 2564 di Vihara Dharma Bhakti atau Kim Tek Ji, Petak Sembilan, Jakarta Barat, Sabtu (9/2/2013). Ritual doa ini untuk melepas Tahun Naga dan menyambut datangnya Tahun Ular Air.
“Kita berharap kunjungan wisman China tahun ini selain jumlahnya meningkat, juga lama tinggalnya meningkat sehingga devisa yang kita peroleh akan meningkat,” kata Budihardjanti.

Wisman China yang berkunjung ke Indonesia sebagian besar memilih Bali sebagai tempat favorit berlibur mereka. Masyarakat China menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi terfavorit dari 10 tujuan wisata dunia terfavorit selain Australia, Cape Town, Edinburgh, Hawaii, Madrid, Mesir, Air Terjun Niagara, Paris, dan Swiss.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com