Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tazbir: Potensi Pasar Pariwisata Dalam Negeri Luar Biasa

Kompas.com - 22/01/2014, 10:51 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Potensi pasar pariwisata dalam negeri Indonesia sangat luar biasa karenanya banyak strategi yang harus dibangun termasuk kerja sama dengan pihak penerbangan, biro perjalanan maupun pemangku kepentingan pariwisata di daerah. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Tazbir, di Yogyakarta, Senin (20/1/2014).

Menurut Tazbir, promosi dan marketing menjadi bagian penting industri pariwisata masa depan sehingga dua hal itu harus fokus dan tepat sasaran. "Namun demikian, semua itu diyakini bisa dijalankan dengan baik dan amanah," kata Tazbir yang baru dilantik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Promosi Dalam Negeri Ditjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf di Jakarta, 17 Januari lalu.

Menyinggung mengenai tugas barunya tersebut, Tazbir optimistis akan bisa bekerja maksimal. Dukungan tim kerja antardaerah sangat dibutuhkan dan tentu saja kontribusi media dan peran swasta sangat penting untuk mendorong semakin banyak masyarakat mengetahui potensi pasar pariwisata dalam negeri.

KOMPAS.com/Yohanes Kurnia Irawan Beberapa warga mengenakan pakaian adat Dayak Iban tampak sedang mempersiapkan ritual penyambutan dalam rangkaian Festival Danau Sentarum-Betung Kerihun di Kota Lanjak, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (12/12/2013).
"Meski saya sudah dilantik sebagai Direktur Promosi Dalam Negeri Ditjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, masih akan berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas pekerjaan sebagai Kepala Dinas Pariwisata DIY, hingga ada Pelaksana Tugas (Plt) yang menggantikannya. Setelah itu tentu tugas saya sebagai Kepala Dinas Pariwisata DIY sudah selesai," kata Tazbir.

Dia menyatakan optimistis jika jabatan barunya nanti akan mendorong promosi pariwisata DIY bisa lebih maju lagi. Khususnya yang berkaitan dengan promosi dalam negeri. "Apalagi, kegiatan promosi dan pemasaran menjadi bagian penting industri pariwisata masa depan sehingga dua hal itu harus dilakukan dengan fokus dan tepat sasaran," kata Tazbir.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Yoseph Katup di Kampung Wae Rebo, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com