Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2014, 17:07 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melakukan misi keliling nusantara, tim 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI) Kompas TV bertemu dengan pasukan Kopassus TNI Angkatan Darat. Ignatius Dimas Yulianto, salah satu tim 100 HKI mengatakan, mereka bertemu di Tondano, Sulawesi Utara.

Sama halnya dengan tim 100 HKI yang sedang menjelajah nusantara, tim Kopassus pun tengah melakukan Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013. "Ekspedisi NKRI adalah sebuah ekspedisi panjang ke wilayah pedalaman Sulawesi," kata Dimas.

Ekspedisi ini berlangsung selama empat bulan. Tim Kopassus bertugas memetakan kekayaan alam dan sumber daya, flora dan fauna, sosial budaya serta potensi bencana di seluruh Sulawesi.

Khusus untuk tim Kopassus yang ditemui tim 100 HKI, mereka memetakan di wilayah Sub Korwil Minahasa. "Ekspedisi ini juga melatih jelajah pasukan TNI AD dan Polri," imbuh Dimas.

Dok. Kompas TV Pemandu Acara 100 Hari Keliling Indonesia, Ramon Y Tungka
Dia pun mengatakan, pemandu acara 100 HKI, Ramon Y Tungka sempat turut serta dalam kegiatan ekspedisi tersebut selama satu hari. "Kali ini Ramon berkesempatan untuk ikut dalam kegitan ekspedisi hari itu. Untuk pengiriman logistik ke tim jelajah dengan helikopter," katanya.

Cerita dua tim penjelajah ini, antara tim 100 HKI dengan tim Kopassus akan dikisahkan dalam episode ke-16 tayangan 100 HKI Kompas TV. Program ditayangkan setiap Rabu jam 20.00 WIB. Sedangkan beberapa cerita perjalanan tim lainnya pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com