Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat

Kompas.com - 29/01/2014, 16:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Musim liburan tahun baru memang baru saja berlalu tetapi kini saat yang tepat untuk mulai memikirkan tujuan liburan yang akan datang. Menurut situs pencarian perjalanan global, Skyscanner, bulan depan adalah waktu yang tepat bagi traveler Indonesia menyiapkan koper dan bersiap menuju tempat liburan impian mereka.

Panduan online terbaru dari Skyscanner "Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat" (Best Time To Book) menunjukkan bahwa Februari adalah bulan terbaik untuk mendapatkan penawaran perjalanan udara paling menarik, sementara bulan Agustus adalah waktu yang paling mahal untuk membeli tiket pesawat.

Para pelancong juga sebaiknya mempertimbangkan untuk memesan tiket beberapa bulan sebelumnya agar dapat menghemat biaya sebanyak mungkin. Dengan memesan 20 minggu sebelumnya, para pelancong dapat menghemat sampai dengan 21 persen dari harga tiket penerbangan.

Di antara penerbangan yang lain, penerbangan ke Hongkong merupakan salah satu penerbangan yang paling besar peluang menghemat biaya jika Anda memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya.

KOMPAS/ARIS PRASETYO Suasana altar utama di Hongkong Heritage Museum dengan patung Bruce Lee setinggi 3,5 meter, Kamis (5/12/2013), di Hongkong. Sejak 20 Juli 2013, museum tersebut menampilkan lebih dari 600 benda koleksi milik Bruce Lee untuk mengenang 40 tahun wafatnya sang legenda kung fu kebanggaan warga Hongkong tersebut.
Menurut "Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat", traveler Indonesia dapat menemukan penerbangan paling murah untuk destinasi impian mereka jika memesan tiket pada waktu yang tepat. Anda dapat menghemat sekitar 20 persen untuk tiket penerbangan ke Belanda jika memesan tiket kurang lebih 17 minggu sebelumnya; 25 persen lebih hemat ke Amerika Serikat jika pemesanan sekitar 16 minggu sebelumnya; 28 persen untuk Inggris apabila memesan tiket 19 minggu sebelumnya; 19  persen untuk Australia jika pemesanan dilakukan 7 minggu sebelumnya; dan Anda dapat menghemat  sekitar 45 persen dari biaya penerbangan ke Hongkong jika memesan tiket 19 minggu sebelumnya.

Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia, Tika Larasati, mengatakan "Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat" dari Skyscanner dapat membantu traveler Indonesia untuk memperoleh harga tiket pesawat termurah, baik untuk pergi ke destinasi populer di musim liburan atau sekadar melakukan perjalanan singkat yang dadakan.

"Panduan tips travel seperti ini akan semakin berguna sekarang ini karena semakin banyak orang Indonesia yang mulai lebih sering traveling domestik maupun luar negeri," kata Tika.

Menurut prediksi Skyscanner untuk tahun 2014, dari data yang diperoleh melalui lebih dari 60 juta pencarian penerbangan dalam satu bulan, keinginan untuk bepergian ke Hongkong menjadi kota tujuan internasional nomor satu bagi orang Indonesia, sedangkan Paris dan Jeddah adalah yang kedua dan ketiga.

KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA Wisatawan bersiap naik perahu motor di sungai Colorado
Pada tahun 2013, wisatawan Indonesia memilih Australia, Thailand dan Singapura sebagai destinasi paling populer.

Ada beberapa hal penting yang harus diingat untuk mendapatkan harga terhemat.

1. Pesan dengan cerdas. Hindari musim liburan dan terbang di jam-jam yang populer untuk membantu mendapatkan harga lebih murah.

2. Fleksibel. Harga untuk setiap tujuan yang berbeda bisa sangat beragam tergantung maskapai yang beroperasi untuk rute itu dan bandara di Indonesia yang menawarkan penerbangan itu.

Jika Anda sedang merencanakan liburan dan terbuka untuk pergi ke tujuan mana pun, coba pencarian di Skyscanner dengan kata kunci "mana saja" untuk membantu menemukan negara-negara tujuan yang menawarkan penerbangan dengan harga terbaik setiap saat.

DINI KUSMANA MASSABUAU Taman di sekitar Menara Eiffel, Paris, digunakan turis untuk beristirahat sambil memotret.
3. Bandingkan dan kontraskan. Menggunakan situs pencarian perjalanan seperti Skyscanner memungkinkan Anda untuk membandingkan beragam maskapai dan agen perjalanan online, Anda dapat melihat langsung penawaran yang paling bagus.

4. Lacak harga. Analisis Skyscanner melihat bahwa memantau harga penerbangan dari sejak beberapa bulan sebelum tanggal perjalanan adalah cara yang paling baik untuk mendapatkan penerbangan termurah. Menggunakan layanan “Info Harga” Skyscanner untuk memonitor harga dapat membantu memantau ketika harga tiket pesawat turun untuk rute yang diinginkan. “Info Harga” akan dikirim melalui email atau melalui aplikasi. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com