Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Daerah di Malut Membuat Paket Wisata Bersama

Kompas.com - 07/02/2014, 10:28 WIB
TERNATE, KOMPAS.com - Tiga daerah di Maluku Utara yakni Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Halmahera Barat memprogramkan paket wisata bersama untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke tiga daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ternate, Husen Alting di Ternate Kamis (6/2/2014), mengatakan, melalui program paket wisata tersebut maka setiap wisatawan yang berkunjung ke Ternate akan diarahkan untuk melanjutkan perjalanan ke Tidore Kepulauan (Tikep) dan Halmahera Barat (Halbar) begitu pula sebaliknya.

Ternate, Tikep dan Halbar sepakat memprogramkan paket wisata bersama tersebut karena ketiga daerah ini secara geografis berdekatan, selain itu masing-masing memiliki potensi pariwisata yang menarik.

KOMPAS IMAGES / VITALIS YOGI TRISNA Para penari bersiap membawakan Tari Dabi-dabi pada Upacara Orom Sasadu di Desa Gamtala, Halmahera Barat, Kamis (16/5/2013). Orom Sasadu merupakan upacara adat khas Halmahera Barat yang dilakukan sebagai tanda syukur atas hasil panen.
Ia mengatakan, ketiga daerah tersebut telah memiliki kegiatan wisata tahunan yang akan menjadi sarana untuk menarik kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri ke daerah bersangkutan yang selanjutnya diarahkan ke dua daerah lainnya.

Kota Ternate misalnya setiap April menggelar kegiatan Festival Legu Gam, begitu pula Kota Tidore Kepulauan setiap Maret menggelar Fetival Pulau Maitara dan Halbar setiap Mei menggelar Festival Teluk Jailolo.

"Jadi wisatawan yang menghadiri Festival Legu Gam di Ternate sebelum kembali diarahkan berkunjung ke Tikep dan Halbar, begitu pula wisatawan yang menghadiri Festival Teluk Jailolo sebelum kembali diarahkan ke Tikep dan Ternate, hal serupa akan dilakukan kepada wisatawan yang menggunjungi Festival Pulau Maitara," katanya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kesultanan Tidore di Maluku Utara.
Pemkot Ternate, Pemkot Tikep dan Pemkab Halbar telah menyiapkan berbagai infrastruktur penunjang untuk menyukseskan program paket wisata bersama tersebut, baik mengenai akomodasi, transportasi maupun objek wisata yang akan dikunjungi wisatawan.

Husen Alting menambahkan khusus di Kota Ternate objek wisata yang disiapkan untuk dikunjungi wisatawan melalui program paket wisata bersama tersebut di antaranya sejumlah benteng peninggalan Kolonial, Kedaton Kesultanan Ternate, Danau Tolire, Pantai Sulamadaha dan sejumlah titik penyelaman di perairan Pantai Ternate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com