Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Taksi Kelotok" Semakin Ditinggalkan

Kompas.com - 11/02/2014, 17:44 WIB
SEBAGAI daerah dengan rawa dan sungai-sungai, Kalimantan Selatan, termasuk Banjarmasin ibu kotanya, sudah lama akrab dengan transportasi airnya. Perahu kelotok adalah sarana transportasi utama pada masa lalu. Bukan hanya di pedalaman, tetapi juga di dalam Kota Banjarmasin yang dikenal sebagai ”Kota Seribu Sungai”.

Kini, perahu kelotok nyaris dilupakan, diganti dengan pikap, truk, mobil-mobil pribadi, dan terutama sepeda motor. Zaman memang telah berubah.

Beberapa pria terlibat dalam obrolan yang disertai canda tawa di sebuah dermaga ”taksi kelotok” di Jalan Soetoyo, Teluk Dalam, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (11/1/2014). Mereka tetap asyik mengobrol meski ada rekannya yang tertidur pulas di bangku. Sesekali mereka memandangi taksi kelotok yang tetap tertambat di dermaga.

Dermaga berukuran sekitar 12 meter persegi itu terbilang nyaman untuk bersantai. Letaknya di tepi Sungai Teluk Dalam yang bermuara langsung ke Sungai Barito. Selain terdapat meja dan bangku, juga terdapat televisi berwarna.

Di salah satu sudut dermaga terdapat jam dinding, papan nama penarik taksi kelotok, serta papan peraturan dan tata tertib anggota persatuan taksi kelotok.

”Hampir setiap hari beginilah kerjaan kami di sini sambil menunggu penumpang. Karena penumpang sepi, jadi lebih banyak duduk dan ngobrol,” tutur Murjiani (44), penarik taksi kelotok, sambil tersenyum. Taksi kelotok adalah alat transportasi sungai berupa perahu bermotor yang digunakan untuk mengantar dan menjemput penumpang.

Hari itu, meski matahari sudah mulai condong ke barat, Murjiani belum membawa satu pun penumpang. Sejak pagi, taksi kelotoknya tetap tertambat di dermaga bersama beberapa taksi kelotok lainnya. Kejadian seperti itu bukanlah sesuatu yang mengherankan lagi baginya. Sebab, itu kerap dialaminya dalam tiga tahun terakhir.

”Kadang-kadang bisa dua hari enggak dapat penumpang,” ujarnya.

KOMPAS/JUMARTO YULIANUS Kelotok di Sungai Martapura.
Para penarik taksi kelotok mematok tarif Rp 25.000 per penumpang. Tarif itu berlaku untuk mengantar penumpang ke seberang Sungai Barito dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Tarif yang sama juga berlaku bagi penumpang yang ingin menikmati panorama Sungai Barito selama 30 menit dari dermaga hingga kembali lagi ke dermaga.

Murjiani, yang sudah belasan tahun menekuni pekerjaan sebagai penarik taksi kelotok, mengenang masa-masa kejayaan taksi kelotok beberapa tahun lalu, terutama saat perusahaan kayu di daerah seberang Sungai Barito masih beroperasi. ”Waktu itu, satu hari bisa empat sampai lima kali narik,” ujarnya.

Kini, keadaan memang sudah berubah. Sejumlah pabrik kayu di seberang Barito tidak lagi beroperasi atau mengurangi kegiatannya. Jumlah penumpang menurun drastis. Namun, dia tetap menekuni pekerjaannya karena sulit mencari pekerjaan lain.

Lima tahun lalu, sambung Alamsyah (34), penarik taksi kelotok di Dermaga LKMD Kelurahan Pelambuan, Banjarmasin Barat, ini masih berjumlah sekitar 40 orang. ”Sekarang jumlahnya tidak lebih dari 20 orang,” ujar penarik taksi kelotok yang telah beralih pekerjaan dalam tiga tahun terakhir ini.

Menurut dia, selain karena tutupnya sejumlah perusahaan kayu di daerah seberang Sungai Barito, jumlah penarik taksi kelotok juga berkurang karena maraknya sepeda motor. Para pengguna sepeda motor dapat menyeberangi Sungai Barito dengan menggunakan feri atau kapal kayu yang dirancang khusus untuk membawa kendaraan bermotor.

Kelotok wisata

Menghadapi penurunan jumlah penumpang taksi kelotok yang signifikan, Rusdi Amri (55) mulai mengubah penampilan taksi kelotoknya sejak tiga tahun lalu. Kelotoknya dipercantik dan didesain menjadi kelotok wisata. Kelotoknya pun tidak lagi melayani perjalanan dari Dermaga Banua Anyar ke Dermaga Ujung Murung.

KOMPAS/JUMARTO YULIANUS Beberapa ”taksi kelotok” tertambat di Dermaga Sungai Teluk Dalam, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (11/1/2014). Berkurangnya masyarakat pengguna transportasi sungai membuat taksi kelotok jarang beroperasi.
”Meski tidak setiap hari narik, penghasilan sekarang ini cukup lumayan. Kalau tetap naksi, penghasilan habis untuk ongkos solar saja,” tutur koordinator kelotok wisata Kota Banjarmasin ini.

Menurut Rusdi, ada sekitar 50 kelotok wisata di Kota Banjarmasin yang menerima carteran. Dengan adanya kelotok wisata, Banjarmasin yang mendapat julukan ”Kota Seribu Sungai” bisa tetap melestarikan transportasi sungai.

Kalimantan Selatan memiliki sedikitnya 117 alur sungai. Sekitar 40 sungai melintasi Banjarmasin, seperti Sungai Barito, Martapura, Kuin, Mulawarman, Alalak, Pangeran, dan Pelambuan.

Rusdi menambahkan, perahu kelotok wisata melayani wisata sungai dengan berbagai tujuan, antara lain Pasar Terapung Kuin, Pasar Terapung Lok Baintan, Pulau Kembang, dan Pantai Gosong. ”Ongkos sekali jalan mulai dari Rp 250.000,” ujarnya. (Jumarto Yulianus)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com