Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang di Antara Bebatuan Raksasa

Kompas.com - 01/03/2014, 09:35 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Batu-batu raksasa memenuhi bibir pantai. Melangkah dari area parkiran, tak nyaris tampak air laut karena tertutupi batu-batu granit berukuran besar. Tak tanggung-tanggung, sebagian besar bebatuan seukuran rumah dua lantai.

Berjalan menyusuri sela-sela bebatuan dan air laut mulai menampilkan diri. Birunya lautan dapat terlihat jelas. Gradasi warna kehijauan menuju biru, menandakan bibir pantai yang dangkal hingga nyaris beberapa meter ke tengah laut.

Inilah Pantai Tanjung Tinggi yang dikenal sebagai pantai Laskar Pelangi. Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini menjadi lokasi shooting film "Laskar Pelangi" yang sempat tenar beberapa tahun lalu. Sangat mudah mengenali pantai ini karena batu-batu raksasa.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Pantai Tanjung Tinggi di Belitung.
Panjatlah salah satu batu dan lihat panorama keseluruhan pantai dari ketinggian. Laut sejauh mata memandang. Jika berani, panjatlah batu tertinggi. Sebagian besar bebatuan saling berdekatan. Sehingga Anda bisa berjalan dari satu batu raksasa ke batu raksasa lainnya.

Di musim kemarau seperti bulan Mei hingga Juli, air laut menjadi begitu hangat. Pasir putih yang bersih berpadu dengan air laut bening yang dangkal, menjadikan pantai ini cocok sebagai tempat berenang untuk semua kalangan termasuk anak-anak.

Di area pantai ini juga tersedia warung makan yang menyajikan ikan bakar. Selain itu terdapat pula fasilitas kamar mandi umum. Sementara untuk penginapan, Anda bisa bermalam di hotel di kawasan Tanjung Pandan, ibu kota Belitung. Dari Tanjung Pandan menuju Pantai Tanjung Tinggi memakan waktu setengah jam dengan mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com