Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarang Dikunjungi Ribuan Wisatawan Kapal Pesiar

Kompas.com - 04/03/2014, 10:38 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Pelabuhan Tanjung Emas Semarang kedatangan ribuan wisatawan asing melalui sandarnya kapal berbendara Bahamas MV Crystal Symphony serta kapal pesiar dengan bendera Belanda MV Rotterdam.

Menurut General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabang Tanjung Emas, Tri Suhardi, di Semarang, Senin (3/3/2014), kapal dari Amerika Serikat dan Belanda tersebut masing-masing sandar pada pukul 07.00 dan 09.00. Sebelumnya, kedatangan para wisatawan tersebut disambut oleh Tari Jaranan yang dibawakan oleh 21 penari pria serta Tari Semarangan yang dibawakan oleh enam penari wanita.

Kapal MV Crystal Symphony sebelumnya berlayar dari Surabaya dan nantinya akan melanjutkan perjalanan menuju Makassar. Kapal dengan panjang 238 meter dan berat 51.044 GRT tersebut membawa 790 penumpang dan 603 kru. Sebagian besar wisatawan yang mengikuti perjalanan tersebut berangkat melalui biro agen perjalanan, namun ada juga sebagian yang berangkat secara pribadi.

Sedangkan untuk kapal MV Rotterdam dengan panjang 237,9 meter dan berat 61.849 GRT tersebut membawa 1.300 penumpang dan 600 kru. Sebelumnya kapal tersebut singgah di Tanjung Priok, Jakarta dan akan melakukan perjalanan ke Benoa, Bali.

Sementara itu, untuk perjalanan wisata selama kunjungan tersebut, disediakan sejumlah bus bagi wisatawan dari masing-masing kapal. Selanjutnya mereka mengikuti paket perjalanan Javanese Culture, ada yang ke Borobudur, Yogyakarta, Tlogorejo Agro di Ambarawa atau Semarang highlight, sisanya ada yang pilih tinggal di kapal atau menyewa kendaraan untuk perjalanan pribadi.

Tri Suhardi mengatakan, hingga saat ini, Borobudur masih menjadi magnet tersendiri untuk menarik para wisatawan asing, sehingga kebanyakan dari mereka lebih memilih tempat wisata tersebut.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah.
"Tapi tadi banyak juga yang lebih memilih untuk jalan-jalan di Semarang saja, di antaranya ke Kota Lama, Lawang Sewu serta Klenteng Sam Po Kong," terangnya.

Masing-masing kapal akan segera melanjutkan perjalanan pada malam ini, untuk MV Crystal Symphony akan meninggalkan Semarang pada pukul 20.00, sedangkan MV Roterdam diperkirakan akan melanjutkan perjalanan pada pukul 21.00.

Pada Maret ini, sejumlah kapal berbendera asing akan kembali sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, di antaranya pada tanggal 17, 18, 23, 27, dan 31 Maret 2014

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com